Cara Benar dan Aman Membersihkan Telinga Bayi Usia 0 - 6 Bulan

Mimi Rohmitriasih25 Feb 2019, 07:15 WIB
Merawat Bayi

Fimela.com, Jakarta Agar bayi tumbuh dan berkembang dengan baik, orangtua perlu memastikan bahwa bayi dirawat dengan baik. Perawatan bayi itu tak hanya dengan memberinya ASI atau nutrisi cukup tetapi juga memastikan tubuhnya bersih, pakaiannya bersih dan nyaman serta tidak ada penumpukan kotoran baik di telinga maupun bagian tubuh lainnya.

Melansir dari laman parents.com penumpukan kotoran di telinga bayi bisa membuatnya terganggu. Ini juga akan membuat orangtua kesulitan membersihkan kotoran yang ada. Sebagai salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif, Mom harus sangat hati-hati saat membersihkan telinga bayi terutama bayi yang masih berusia 0 - 6 bulan.

Apa Itu Kotoran Telinga?

Kotoran telinga disebut juga serumen. Ini berasal dari sel kulit mati atau bahan lengket yang diproduksi oleh kelenjar yang melapisi organ telinga. Hai Cao, M.D, seorang dokter anak dari Brooklyn mengungkapkan jika kotoran telinga berfungsi mencegah air atau kotoran lain seperti debu masuk ke dalam telinga.

Secara umum, telinga menghasilkan serumen atau kotoran telinga sepanjang waktu. Baik pada bayi maupun orang dewasa, cara membersihkan kotoran telinga yang kurang tepat bisa membuatnya menumpuk. Pada bayi sendiri, kotoran bisa bertekstur kering atau lembek. Kotoran telinga yang jarang dibersihkan akan menumpuk dan berisiko membuat saluran dengar bayi terganggu.

Bagaimana Membersihkan Kotoran Telinga Bayi?

Saat membersihkan kotoran telinga bayi, hindari menggunakan obat apapun itu. Jika pun ingin menggunakan obat, pastikan obat tersebut adalah resep dokter ahlinya. Bersihkan kotoran telinga bayi saat ia mandi dengan waslap atau kain bersih dan air saja. Hindari membersihkan kotoran dengan cutton bud atau kapas karena ini dikhawatirkan berisiko kapas tertinggal di dalam telinga.

Saat Mom ingin membersihkan telinga bayi, Mom cukup membasahi waslap atau kain bersih dengan air hangat kemudian gosokkan secara lembut ke telinga bayi. Walau cara ini hanya akan membersihkan telinga bayi bagian luar, cara ini adalah cara terbaik. Jangan memaksakan mengeluarkan kotoran telinga dari bayi. Biarkan saja kotoran itu berada di lubang telinga karena kotoran itu akan keluar dengan sendirinya.

Itulah cara membersihkan kotoran telinga pada usia 0-6 bulan. Semoga informasi perawatan bayi ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓