Meredakan Stres Hingga Mencegah Diabetes, Ini Manfaat Jalan Kaki Bagi Ibu Hamil

Mimi Rohmitriasih25 Feb 2019, 14:28 WIB
Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi salah satu momen paling mengesankan buat setiap perempuan. Momen kehamilan juga menjadi momen di mana perempuan harus menjaga pola makan dan pola hidup yang lebih sehat. Perempuan juga wajib selalu hati-hati apalagi ketika kandungan semakin besar.

Melansir dari laman babycenter.com, saat hamil tidak sedikit perempuan yang mudah merasa lelah, merasa tidak nyaman dan stres. Perubahan hormon di dalam tubuh membuat perempuan mengalami banyak perubahan saat hamil. Karena itulah, perempuan hamil disarankan memilih olahraga terbaik dan aman buatnya maupun janin di kandungannya. Salah satu olahraga terbaik itu adalah jalan kaki di pagi hari.

Berikut beberapa manfaat jalan kaki di pagi hari buat ibu hamil.

Otot Panggul Lebih Kuat

Diet ibu hamil
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Meredakan Stres

Udara pagi yang masih sejuk bisa membuat ibu hamil mendapat asupan oksigen yang lebih baik pula. Inilah yang kemudian membuatnya merasa bahagia dan nyaman sepanjang hari. Jalan kaki di pagi hari juga akan membantu perempuan hamil melepas hormon endorfin yang membuat tubuh terasa lebih rileks dan pikiran lebih bahagia.

Otot Panggul Lebih Kuat

Para ahli juga percaya jika jalan kaki di pagi hari bisa membantu ibu hamil memiliki otot panggul lebih kuat. Ketika otot panggul kuat, ini akan membantunya menjalani proses persalinan yang lebih lancar. Otot panggul yang kuat juga membantu janin di kandungan lebih cepat keluar saat proses persalinan.

Mencegah Diabetes

Ibu hamil yang rutin jalan kaki di pagi hari bisa terhindar dari risiko diabetes. Berjalan santai di pagi hari bisa membantu ibu mengubah gula darah di tubuh menjadi energi.

Tubuh Makin Fit

Selain membantu Mom meredakan stres, jalan kaki dengan santai di pagi juga akan membantunya memiliki tubuh makin fit. Jalan kaki secara rutin juga membantu perempuan hamil merasa lebih rileks dengan tubuhnya, tidak mudah kelelahan dan meningkatkan staminanya dalam mempersiapkan diri untuk menyambut proses persalinan.

Itulah beberapa manfaat jalan kaki rutin di pagi hari buat perempuan hamil. Jadi Sahabat Fimela, pastikan untuk jalan kaki secara rutin di pagi hari ya. Tak hanya saat hamil, jalan kaki di pagi hari ini juga sangat baik dilakukan di luar momen kehamilan.

Lanjutkan Membaca ↓