Sukses

Parenting

Mempersiapkan Persalinan Normal Tanpa Rasa Sakit Berlebih, Bisakah?

Fimela.com, Jakarta Hamil menjadi momen yang sangat mengesankan bagi setiap perempuan. Ada rasa bahagia, bangga, cemas dan khawatir yang menjadi satu di hati. Rasa bahagia tersebut karena tidak sabar menanti kelahiran buah hati. Sedangkan rasa cemas dan khawatir tersebut karena menyambut proses persalinan yang identik dengan rasa sakit yang amat menyiksa. Apalagi jika proses persalinan ini dilakukan secara normal.

Melansir dari laman babycenter.com, melahirkan secara normal memang seringkali akan terasa sakit dan menyiksa. Namun, ketika Mom mempersiapkan diri dengan tenang, rasa sakit itu tak ada lagi. Selain tenang, ini beberapa tips mempersiapkan kelahiran atau persalinan normal tanpa rasa sakit.

Atur Nafas

Pastikan untuk mengatur nafas. Selama kontraksi, usahakan agar mengatur nafas sebaik mungkin. Usahakan untuk menarik nafas dalam-dalam, keluarkan pelan-pelan dan tetap santai atau rileks.

Kompres dan Berendam Air Hangat

Mengompres area vagina saat kontraksi juga dipercaya bisa mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Berendam air hangat juga bisa mengurangi rasa sakit. Tak hanya mengurangi rasa sakit, berendam air hangat ini bisa membuat Mom merasa lebih rileks, nyaman dan tenang.

Perbanyak Aktivitas Bergerak

Menjelang persalinan, usahakan agar tubuh lebih banyak bergerak. Gerakan yang bisa dilakukan adalah jalan kali, sujud, duduk di bola karet ukuran besar, duduk dengan posisi tegak dan duduk sembari melakuka yoga. Aktivitas ini bisa sebagai pemanasan menjelang persalinan.

Suntik Bius

Mendapatkan suntik bius juga bisa membuat proses persalinan normal berjalan dengan baik dan tanpa rasa sakit. Obat bius ini biasanya akan diberikan dokter atau bidan ahlinya menjelang persalinan.

Hypnobirthing

Metode ini adalah metode untuk mengatur respon stres dan nyeri saat melahirkan. Hypnobirthing hanya dilakukan oleh para ahlinya. Ketika ibu hamil mendapat metode ini, ia akan merasa lebih rileks, nyaman dan tenang sehingga membuat otot rahim juga saluran serviks bekerja lebih efektif saat melahirkan.

Itulah beberapa cara mempersiapkan persalinan normal tanpa rasa sakit berlebih, semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading