Sukses

Parenting

Sahabat Fimela, Ini Cara Bijak Mengatur Keuangan Setelah Punya Anak

Fimela.com, Jakarta Memiliki buah hati atau anak adalah hal yang sangat membahagiakan buat setiap orangtua. Demi kebahagiaan anak, setiap orangtua akan melakukan apa saja bahkan rela mengalah dari anak. Setiap orangtua terutama Mom juga tak akan berpikir panjang mengeluarkan banyak uang demi mencukupi segala kebutuhan juga perlengkapan anak.

Namun Mom, meski ingin memberikan yang terbaik buat anak jangan sampai keuangan keluarga hancur berantakan. Jangan sampai pendapatan dan pengeluaran lebih banyak pengeluaranannya. Agar keuangan keluarga tetap berjalan dengan baik setelah memiliki anak, melansir dari laman parents.com, ini beberapa cara untuk mengatur keuangan.

Belanja yang Dibutuhkan Bukan Diinginkan

Pastikan untuk belanja segala keperluan yang memang dibutuhkan bukan diinginkan. Buat daftar barang apa saja yang wajib dibeli dan mana yang harus ditunda dulu. Catat seberapa banyak pengeluaranmu setiap bulannya. Ini akan membantumu lebih teliti dan bijak dalam mengeluarkan uang.

Sisihkan Dana Darurat

Hemat

Pastikan untuk berhemat Sahabat Fimela. Pikir segalanya untuk jangka panjang. Di satu waktu mungkin kita akan memiliki banyak uang, tapi kita tidak tahu di masa depan. Lakukan penghematan sebijak mungkin. Meski hemat, Mom tetap harus menyayangi diri sendiri dan keluarga, jangan sampai terlalu hemat tapi kelewatan hematnya.

Sisihkan Dana Darurat

Setiap bulannya pastikan untuk menyisihkan dana darurat atau menabung. Sebaiknya, dana darurat ini sebesar 20 persen dari pendapatanmu atau suami. Memiliki simpanan dana darurat tak akan membuatnya kelabaan jika sewaktu-waktu dirimu juga keluarga harus mengeluarkan keuangan dalam jumlah cukup banyak. Sisihkan pula sebagian pendapatanmu untuk biaya pendidikan nantinya.

Beli Asuransi Jiwa

Memiliki asuransi jiwa adalah hal yang penting setelah memiliki anak. Ini bisa sebagai tabungan anak jika sewaktu-waktu ada sesuatu yang tak diinginkan terjadi. Selain asuransi jiwa, daftarkan juga dirimu serta anak-anak di asuransi kesehatan.

Ajari Anak Menabung Sejak Dini

Usahakan untuk mengajari anak menabung sejak dini. Mengajarkan anak menabung sejak dini bisa sebagai langkah untuk berhemat. Ini juga akan menjadi kebiasaan baik buat anak ke depannya.

Itulah beberapa cara bijak mengatur keuangan setelah punya anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading