Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Hamil Berpengaruh Terhadap Kecerdasan Anak

Mimi Rohmitriasih27 Feb 2019, 11:28 WIB
Hamil

Fimela.com, Jakarta Kehamilan menjadi salah satu momen paling mengesankan buat setiap perempuan. Saat hamil, wajib bagi setiap perempuan untuk menjaga kesehatannya agar senantiasa mengesankan. Melansir dari laman WebMD, kesehatan ibu hamil berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang janin di kandungan. Kesehatan ibu juga berpengaruh besar terhadap kecerdasan anak nantinya.

Ibu yang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh secara drastis selama hamil bisa mempengaruhi kesehatan janin. Para ahli bahkan percaya jika dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh ibu selama hamil ini akan meningkatkan risiko janin terkena infeksi, tumbuh kembangnya terhambat dan perkembangan otaknya tidak berjalan dengan baik.

Dr Bradley Peterson dari Childern's Hospital di Los Angeles mengungkapkan jika ibu hamil yang sakit, mengalami peradangan atau pun bermasalah dengan kesehatannya, ini akan membuat tumbuh kembang janin di kandungan terganggu. Masalah ini bahkan bisa menyebabkan anak mengalami penurunan kecerdasan suatu saat nanti.

Agar janin tumbuh dan berkembang dengan baik, para ahli sangat menyarankan ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatan mereka. Memiliki pola hidup sehat, istirahat cukup dan memeriksakan kondisi kehamilan secara rutin setiap bulan harus dilakukan ibu hamil.

Mengenai penelitian yang menyatakan sistem kekebalan tubuh ibu hamil berpengaruh besar terhadap kecerdasan anak, para ahli dan peneliti masih akan terus mengkaji hal ini. Studi yang diterbitkan di Journal of Neuroscience ini bahkan akan terus dilakukan penelitian lanjutan untuk menemukan hasil akhir yang lebih meyakinkan.