Sering Mual Saat Hamil Muda, Apa Sih Penyebabnya?

Mimi Rohmitriasih03 Mar 2019, 09:15 WIB
Mual saat hamil

Fimela.com, Jakarta Hamil menjadi momen yang sangat mengesankan buat semua perempuan. Ada banyak perubahan yang dialami selama hamil. Yang paling umum dan sering terjadi saat hamil adalah perut mual, muntah hingga kepala pusing. Memang sih ada beberapa perempuan yang tak merasakan mual ini saat hamil, namun kebanyakan perempuan yang hamil apalagi hamil muda akan lebih rentan mual dan muntah.

Melansir dari laman WebMD, tidak diketahui secara pasti kenapa perempuan hamil mudah mual. Para ahli menduga bahwa perubahan hormon dan fisik ibu hamil yang meningkatkan risiko mual ini. Selain itu, ada beberapa hal yang juga dipercaya bisa menyebabkan mual saat hamil terutama di kehamilan trimester pertama. Berikut beberapa hal tersebut.

  1. Meningkatnya hormon estrogen dalam tubuh.
  2. Perempuan yang stres, cemas dan kurang nyaman selama hamil bisa memicu mual semakin parah.
  3. Sensitivitas perempuan hamil terhadap bau, aroma dan rasa yang semakin meningkat. Aroma yang terlalu tajam bisa membuat perempuan hamil lebih mudah merasa mual.
  4. Adanya risiko infeksi saluran kencing akan menyebabkan mual, nyeri di area organ intim hingga keinginan terlalu sering buat buang air kecil.
  5. Produksi hormon kehamilan berupa hormon human chorionic gonadotropin (HCG). Para ahli mengungkapkan jika bisa jadi hormon ini membuat ibu hamil lebih mudah mual, ingin muntah bahkan lemas.
  6. Perempuan yang hamil anak kembar memiliki risiko mual lebih parah dibandingkan dengan perempuan yang hamil anak tunggal.
  7. Perempuan yang mudah mengalami mabuk perjalanan atau tidak cocok dengan alat kontrasepsi tertentu juga akan lebih berisiko mengalami mual saat hamil.
  8. Para ahli menganggap jika perempuan yang baru saja menjalani kehamilan pertamanya juga akan lebih mudah merasa mual.

Itulah beberapa penyebab yang kerap dihubungkan dengan risiko mual selama kehamilan. Mual selama kehamilan adalah hal yang wajar dan tidak berbahaya. Namun jika mual yang dialami sangatlah parah, sebaiknya segera periksakan kondisi kehamilan dengan dokter atau bidan ahlinya. Cari solusi terbaik agar mual yang dialami tidak terlalu parah.