Ibu Hamil Mengonsumsi Buah Nanas, Benarkah Menyebabkan Keguguran?

Mimi Rohmitriasih01 Mar 2019, 15:04 WIB
Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Selama ini kita banyak mendengar mitos bahwa mengonsumsi buah nanas saat hamil bisa menyebabkan keguguran. Bahkan, mitos ini telah mendarah daging untuk sebagian orang. Alhasil banyak perempuan yang sedang hamil pantang untuk makan nanas sebelum buah hatinya lahir.

Melansir dari laman babycenter.com, para ahli menemukan bahwa buah nanas mengandung enzim bernama bromelain. Enzim ini bekerja memecah protein dalam tubuh dan diduga bisa menyebabkan keguguran karena janin yang baru dikandung terdiri dari sel protein sederhana. Tak hanya memecah protein, bromelain diduga juga bisa merangsang melunaknya leher rahim di mana hal ini memicu persalinan dini.

Meski nanas diketahui mengandung enzim bromelain yang bisa memecah protein, para ahli percaya jika kandungan bromelain dalam buah nanas tersebut tak cukup kuat untuk memecah protein di tubuh apalagi protein yang membentuk janin baru. Penelitian yang dilakukan para ahli di University of Maryland Medical Center merekomendasikan seseorang untuk mengonsumsi 80-320 mg bromelain untuk mengobati masalah pencernaan, peradangan otot dan pemecahan protein di tubuh.

 

 

2 of 2

Konsumsi Buah Nanas yang Menyebabkan Keguguran

Sedangkan 1 buah nanas segar kandungan bromelainnya hanya sebesar 19 mg dan tak cukup kuat untuk meluruhkan janin di kandungan. Agar bromelain dari buah nanas bisa mencapai efek menggugurkan kandungan, setidaknya ibu hamil harus makan 7 - 10 buah nanas segar utuh dalam sekali waktu.

Para ahli mengungkapkan jika konsumsi buah nanas secukupnya selama kehamilan tetap aman. Para ahli menyarankan agar ibu hamil tidak mengonsumsi buah nanas lebih dari 3 porsi setiap harinya. Jika pun ragu untuk makan buah nanas selama hamil, sebaiknya Mom menghindari konsumsi buah nanas dan menggantinya dengan buah lain.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Sahabat Fimela.

Lanjutkan Membaca ↓