Puting Payudara Gatal Saat Menyusui, Kenali 3 Penyebabnya Ini

Mimi Rohmitriasih06 Mar 2019, 16:43 WIB
Menyusui

Fimela.com, Jakarta Menyusui merupakan aktivitas yang sangat berkesan buat setiap perempuan. Menyusui juga menjadi aktivitas yang bisa mendekatkan ibu dengan anaknya secara lebih baik lagi. Dengan menyusui, ikatan batin anak serta ibu juga akan lebih baik lagi. Melansir dari laman babycenter.com, menyusui adalah aktivitas yang bisa membuat kesehatan ibu semakin baik. Ini memiliki banyak manfaat baik untuk anak maupun untuk ibu.

Meski menyusui sangat mengesankan, ada beberapa hal yang bisa membuat aktivitas menyusui terasa mengganggu. Salah satu halnya adalah ketika menyusui dan puting payudara terasa gatal. Kira-kira apa yang membuat puting payudara terasa gatal saat menyusui? Kenali beberapa penyebabnya berikut ini.

Kulit Payudara Sensitif

Penyebab pertama adalah kulit payudara sensitif. Bagi Mom yang punya kulit sensitif, gesekan antara kulit puting dengan bibir atau isapan bayi serta pakaian yang dikenakannya bisa membuat rasa gatal di kulit. Payudara dengan kulit yang sensitif akan sangat mudah mengalami gatal saat menyusui.

Infeksi Jamur

Penyebab selanjutnya adalah infeksi jamur. Tak hanya menyebabkan gatal, infeksi jamur juga bisa menyebabkan kulit puting terluka. Ini juga bisa berisiko menularkan infeksi tersebut ke bayi yang menyusu. Biasanya, infeksi jamur menyerang orang-orang yang mudah berkeringat dan tidak menjaga kelembaban kulit dengan baik.

Mastitis

Satu lagi penyebab puting gatal saat menyusui adalah mastitis. Mastitis merupakan kondisi di mana puting mengalami infeksi bakteri. Selain menyebabkan gatal, mastitis juga menyebabkan payudara nyeri, merah bahkan bengkak.

Itulah beberapa penyebab puting payudara gatal saat menyusui. Untuk menghindari rasa gatal ini, pastikan untuk menjaga kebersihan diri juga pakaian yang dikenakan sehari-hari. Jika gatal yang dirasa terlalu parah, pastikan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatanmu ke bidan atau dokter ahlinya.