Sukses

Parenting

Ragam Alat Kontrasepsi yang Aman Digunakan Mom Selama Menyusui

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan, dipastikan bahwa Mom akan menyusui buah hati. Setelah melahirkan, Mom dipastikan juga akan menunda untuk hamil lagi. Idealnya, Mom hamil lagi setelah buah hati siap memiliki adik, sudah siap disapih dan Mom juga suami siap memiliki buah hati lagi. Bayi sendiri disarankan diberi ASI eksklusif hingga usianya 6 bulan.

Untuk menunda kehamilan, selama menyusui Mom disarankan memilih alat kontrasepsi yang paling aman. Meski menyusui bisa menjadi alat kontrasepsi alami, ini tetap memungkinkan Mom hamil lagi atau kebobolan jika melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi. Melansir dari laman webMD, ada beragam alat kontrasepsi yang aman digunakan mom selama menyusui. Tak hanya aman untuk diri sendiri, ini juga sangat aman untuk tumbuh kembang buah hati.

Berikut beragam alat kontrasepsi tersebut.

Ragam Alat Kontrasepsi

Pil KB

Pil KB adalah alat kontrasepsi yang paling banyak penggunananya. Pil KB terdiri dari dua jenis yakni pil kombinasi yang mengandung hormon estrogen dan progesteron serta pil mini yang hanya mengandung hormon progesteron (progestin) saja. Jika ingin mengonsumsi pil KB setelah melahirkan, sebaiknya konsultasikan dulu hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya.

IUD

IUD (Intrauterine device) merupakan alat kontrasepsi jangka panjang yang tidak permanen. Alat ini berbentuk seperti huruf T dan dimasukkan ke dalam rahim. IUD akan dipasangkan ke tubuh Mom setidaknya setelah 6 minggu setelah melahirkan.

Implan

Alat kontrasepsi implan merupakan alat kontrasepsi yang dipasangkan di bawah kulit tepatnya di lengan atas. Umumnya, implan dipasang untuk menunda kehamilan selama tiga tahun. Implan mengandung hormon progesteron yang tidak akan berpengaruh pada produksi ASI.

Suntikan

Suntikan biasanya dilakukan untuk mencegah kehamilan dalam jangka waktu tiga bulan. Suntikan tidak akan mempengaruhi produksi ASI. Namun sayangnya, suntikan bisa menurunkan tingkat kesuburanmu.

Kondom

Untuk menunda kehamilan selama menyusui, mintalah suami untuk memakai kondom saat kalian berhubungan intim. Kondom menjadi alat kontrasepsi terbaik yang bisa mencegah kehamilan. Selain mencegah kehamilan, kondom juga mencegah pasangan suami istri terhindar dari penularan penyakit kelamin.

Sahabat Fimela, itulah beberapa alat kontrasepsi yang aman digunakan selama menyusui. Selain alat di atas, alat kontrasepsi lainnya yang juga aman antara lain adalah diafragma, cincin vagina, kap serviks dan patch atau koyo. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading