4 Tips Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 4 Bulan

Endah Wijayanti09 Mar 2019, 10:18 WIB
nama bayi

Fimela.com, Jakarta Menginjak usia empat bulan, bayi makin tertarik pada banyak hal. Segala hal yang terjadi di sekitarnya sangat menarik perhatiannya. Si kecil pun mulai menunjukkan berbagai macam emosi.

Bayi juga mulai bermain-main dengan suaranya karena ia sedang berusaha untuk berkomunikasi. Gerakan kepala dan tangannya pun sudah lebih stabil. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya di usia 4 bulan, ada beberapa tips seperti yang dilansir dari mother.ly yang bisa dicoba berikut ini.

1. Respons emosi yang ditampilkannya dengan empati

Saat si kecil menunjukkan emosinya, coba lebih aktif memberikan respons. Berikan respons sembari menunjukkan empati. Ketika ia tampak masih sedih setelah menangis, coba berikan respons seakan ikut merasakan kesedihan yang sama dengannya. Cara ini bisa jadi langkah pertama untuk membangun rasa saling percaya.

2. Lebih sering mengajaknya bermain dan berbicara

Bayi mulai lebih sering senang memperhatikan orang-orang yang ada di dekatnya. Untuk itu, kita bisa lebih sering berinteraksi dengannya. Mungkin dengan mengajaknya lebih banyak bermain hingga berbicara. Sekadar membuatnya tersenyum dan tertawa saja sudah bisa membangun kedekatan sendiri.

3. Respons suara yang dikeluarkannya

Saat dia mengeluarkan suara-suara, entah hanya gumaman atau ocehan "bahasa bayi" cobalah untuk ikut merespons. Tunjukkan padanya bahwa kita ada untuknya. Sehingga dia bisa merasa nyaman dan terlindungi.

4. Perbanyak waktu untuk tummy time

Otot kepalanya sudah lebih kuat dan stabil. Coba perbanyak waktu untuk tummy time. Berikan ia mainan yang bisa ia jangkau dan eksplorasi selama tummy time untuk membuatnya lebih nyaman.

Keberadaan kita di dekat si kecil dan banyaknya waktu yang kita habiskan bersamanya lebih berharga dari apapun. Ikatan dan kedekatan yang dibangun sejak dini ini pun bisa sangat membantu perkembangan emosi dan mentalnya di masa mendatang.