Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 6 Bulan, Simak 4 Tipsnya!

Endah Wijayanti09 Mar 2019, 12:08 WIB
impian ibu rumah tangga

Fimela.com, Jakarta Menginjak usia enam bulan, bayi mulai memberi respon bila namanya dipanggil. Banyak hal baru yang bisa dilakukan dan dikuasainya. Anggota tubuhnya makin aktif bergerak, bahkan mungkin makin susah disuruh diam.

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi berusia 6 bulan, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Dilansir dari mother.ly, kita bisa melakukan sejumlah hal sederhana untuk membantu mengoptimalkan perkembangannya di usia 6 bulan. Selengkapnya, yuk langsung simak di sini.

1. Lebih bersabar bila ia makin susah ditinggal

Di usia 6 bulan, ia sudah mulai memahami konsep orang asing atau orang yang belum benar-benar dikenalnya. Di sini kita perlu lebih bersabar bila ia makin susah ditinggal pergi. Untuk itu, ada baiknya juga untuk bisa lebih sering mengenalkan si kecil pada anggota keluarga yang lain atau kerabat yang kita yakini bisa menjaganya dengan baik. Sehingga ia tak akan gampang rewel.

2. Perkenalkan makanan padat

Umumnya, bayi sudah bisa mulai mengonsumsi makanan padat di usia enam bulan. Coba untuk berkonsultasi dulu ke dokter untuk berkonsultasi soal kapan dan bagaimana cara yang tepat untuk memberikan makanan padat untuk anak. Cari tahu juga apakah bayi punya alergi terhadap makanan tertentu agar kita bisa memberikan kebutuhan gizinya dengan baik.

3. Perkenalkan nama benda atau objek di sekitarnya

Sering-seringlah memanggil namanya saat berkomunikasi. Selain itu, perkenalkan juga ragam benda dan objek yang ada di sekitarnya. Kita bisa mulai meningkatkan kosakatanya dengan memperkenalkan banyak hal baru padanya.

4. Perbanyak aktivitas atau kegiatan yang melibatkan kekuatan fisik

Kakinya mungkin sudah mulai bisa menopang badannya. Saat duduk pun ia sudah bisa lebih stabil dengan otot-otot tubuh yang sudah makin kuat. Temani dan bimbing si kecil untuk melakukan lebih banyak kegiatan yang melibatkan kekuatan fisik. Hal ini bisa membantunya meningkatkan kekuatan otot-otot tubuhnya dan keseimbangannya.

Imbangi juga dengan mencukup kebutuhan gizi dan nutrisinya, ya. Agar kesehatannya terjaga dan tumbuh kembangnya lebih maksimal lagi. Bila ada masalah atau hal-hal yang meresahkan, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter.