4 Tips Perawatan Wajah Saat Hamil untuk Aktivitas Sehari-hari

Endah Wijayanti11 Mar 2019, 14:35 WIB
kulit ibu hamil

Fimela.com, Jakarta Sebenarnya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wajah selama hamil, kita perlu fokus pada hal-hal yang paling mendasar. Perawatan wajah saat hamil sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Tapi memang perlu kedisiplinan untuk memastikan kulit selalu terawat untuk aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari parents.com, ada empat tips paling dasar untuk perawatan wajah saat hamil. Dengan langsung mencoba dan mempraktikan tips-tips ini, kita bisa tetap menjalani kehamilan dengan wajah yang cerah dan berseri. Yuk, langsung saja simak infonya di sini.

1. Penggunaan pembersih wajah cukup dua kali sehari

Dr. Amy Newburger, MD, seorang dermatologis dari Westchester menyarankan penggunaan pembersih wajah yang bebrasi gliserin. Kalau kulit wajah kita kering, bisa menggunakan pembersih wajah yang lembut dan melembapkan yang busanya tak terlalu banyak. Cukup gunakan pembersih wajah maksimal dua kali sehari untuk mencegah kulit kering.

2. Pelembap dan tabir surya wajib digunakan

Dr. Amy Newburger menjelaskan bahwa selama kehamilan, meningkatnya kadar hormon dalam tubuh bisa memicu penggandaan sel-sel pigmen kulit yang dapat menyebabkan munculnya bercak kecoklatan atau kehitaman pada kulit. Untuk itu, penting untuk selalu menggunakan pelembap dan tabir surya setiap hari. Gunakan pelembap yang mengandung SPF 15 dan tabir surya SPF 30 untuk memaksimalkan kesehatan kulit selama kehamilan.

3. Gunakan produk yang mengandung asam glikolat untuk mengatasi jerawat

Kalau kulit berjerawat dan berminyak, gunakan produk yang mengandung asam glikolat, alpha hydroxy acid, topical erythromycin, atau witch hazel. Sebisa mungkin hindari penggunaan produk yang mengandung salicylic acid, Retin-A, atau Differin. Atau kalau ingin pilihan yang lebih aman untuk mengatasi jerawat bisa pakai bahan alami seperti jeruk lemon.

4. Hindari penggunaan foundation berlebih

Untuk sehari-hari tak perlu pakai make up yang tebal. Hindari penggunaan foundatin berlebih. Cukup pakai prinsip less is more. Eyeliner, maskara, dan lipstik bisa jadi "senjata andalan" untuk membuat wajah terlihat lebih cerah di setiap suasana.

Merawat wajah selama kehamilan bisa dilakukan dengan tips-tips paling sederhana seperti yang disebutkan di atas. Semoga info ini bisa bermanfaat dan membuat kita bisa tetap tampil segar selama kehamilan, ya.