Mengapa Jerawat Muncul Saat Menjelang Haid? Intip Alasannya di Sini!

Ivana Okta12 Mar 2019, 07:49 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Saat PMS, selain mood swing salah satu keluhan lain yang muncul adalah jerawat. Munculnya jerawat saat haid sebenarnya merupakan hal lumrah. Lalu, mengapa ini biasa terjadi? Apa alasan medis di baliknya?

Penyebab utama dari timbulnya jerawat menjelang haid ini adalah perubahan hormon yang dialami oleh perempuan. Nah, kadar hormon yang berubah inilah yang kemudian berdampak pada kulit. Naiknya estrogen dan progesteron merangsang produksi sebum, substansi minyak bertekstur kental yang berfungsi sebagai pelumas kulit alami. Sebum ini jika bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri akan menyumbat pori-pori dan akhirnya menyebabkan jerawat.

Selain itu, kulit juga jadi lebih sensitif saat haid. Karena itulah perempuan jadi lebih mudah berjerawat saat masa PMS atau waktu menstruasi.

Hal ini sangat wajar dialami oleh perempuan. Jerawat akan hilang seiring dengan waktu. Tapi untuk mencegah agar tak terlalu parah sebaiknya Sahabat Fimela senantiasa menjaga kebersihan kulit ya. Ini untuk mencegah jumlah bakteri makin bertambah di kulit dan jerawat makin banyak.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela.