4 Tips Ibu Tetap Dekat dengan Anak Meski Diasuh Babysitter

Endah Wijayanti13 Mar 2019, 07:15 WIB
pujian

Fimela.com, Jakarta Karena sejumlah pertimbangan, kadang kita membutuhkan jasa babysitter atau pengasuh anak untuk menjaga buah hati tercinta kita saat kita sedang sibuk bekerja. Hal ini pun kadang memunculkan kekhawatiran sendiri. Karena diasuh oleh babysitter, anak malah makin dekat dengannya daripada ibunya sendiri.

Tapi masih ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kedekatan ibu dan anak meski ada babysitter. Satu hal penting yang perlu diingat adalah kita tak perlu merasa iri atau cemburu pada babysitter. Sebab ikatan ibu dan anak bisa dijalin dengan caranya sendiri dan tak bisa tergantikan. Dilansir dari youngparents.com.sg, ada sejumlah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk bisa tetap dekat dengan anak meski diasuh oleh babysitter. Selengkapnya, langsung kita simak di sini ya.

1. Ikut terlibat dalam rutinitasnya

Misalnya, karena kita sering pulang malam dari kantor, kita bisa coba untuk meluangkan waktu khusus setiap malam untuk membackan cerita sebelum tidur untuknya. Atau sekadar memeluknya sambil bertukar cerita juga bisa jadi cara untuk tetap menjaga ikatan dan kedekatan. Intinya, libatkan diri dalam rutinitasnya. Sekecil apapun rutinitas yang ada, itu bisa lebih dari cukup untuk menjaga kedekatan kita dengan buah hati tercinta.

2. Komunikasikan dengan pengasuh (babysitter)

Saat di kantor, kita bisa meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan si kecil via video call. Kita perlu mendiskusikan hal ini dengan pengasuh. Bahwa sesibuk apapun aktivitas kita, kita masih tetap ingin selalu dekat dengan buah hati tercinta.

3. Bicara dengan anak

Meski mungkin si kecil belum bisa sepenuhnya berbicara dan berkomunikasi dengan kita, kita tetap bisa berupaya bicara dengannya. Memberinya pemahaman bahwa mbak pengasuh akan menemaninya saat kita bekerja. Tapi nanti sepulang kerja, kita akan selalu ada untuknya. Bagaimana pun kita tetaplah ibunya yang punya ikatan khusus dengannya.

4. Luangkan waktu khusus bermain bersama

Bermain, bernyanyi, atau sekadar jalan-jalan singkat setiap harinya bisa dilakukan untuk menjaga kedekatan. Di tengah kesibukan dan rutinitas bekerja, mungkin kita sudah merasa lelah ketika sudah sampai di rumah. Tapi meluangkan waktu khusus untuk si kecil bakal jadi cara istimewa untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

Memang jadi tantangan sendiri bila kita menggunakan jasa babysitter untuk mengasuh anak. Namun, kedekatan dan ikatan ibu-anak bisa tetap kita jaga sebaik-baiknya dengan cara yang paling nyaman.