5 Manfaat Kangaroo Care (Menempelkan Bayi ke Dada Ibu)

Endah Wijayanti16 Mar 2019, 13:33 WIB
kangaroo care

Fimela.com, Jakarta Pada bayi prematur, biasanya ibu langsung disarankan untuk memberikan perawatan kangaroo care. Kangaroo care merupakan istilah yang digunakan pada perawatan yang dilakukan dengan cara menempelkan bayi ke dada ibu dengan sentuhan langsung antara kulit. Terinspirasi dari cara hewan kanguru yang menghangatkan bayinya pada kantung yang dimilikinya, kangaroo care bisa memberi banyak manfaat pada bayi dan ibu.

Tak hanya ibu, ayah pun bisa memberikan kangaroo care ini. Menyentuhkan langsung si kecil pada dada ayah dari kulit ke kulit juga dapat memberi banyak manfaat. Dilansir dari boldsky.com, ada sejumlah manfaat yang bisa didapat bayi dari kangaroo care ini. Langsung saja simak infonya di sini, ya.

1. Menjaga suhu tubuh normal bayi

Kontak dari kulit ke kulit pada kangaroo care dapat membantu bayi mendapatkan suhu tubuh normalnya. Karena saat baru lahir atau lahir dalam keadaan prematur, suhu tubuhnya biasanya masih di bawah normal. Untuk membantunya mendapatkan suhu tubuh normal, bayi bisa disentuhkan langsung ke dada dari kulit ke kulit.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh bayi

Bayi prematur biasanya masih harus diletakkan di dalam inkubator agar terhindar dari paparan bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan infeksi. Di samping itu, penelitian menemukan bahwa dengan kangaroo care, bayi bisa mendapatkan kontak langsung dengan kuman-kuman dari tubuh ibu. Hal ini bisa bantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi dengan lebih cepat. Bahkan antibodi yang didapat dari menyusui juga dapat membantu meningkatkan imunitas si kecil. Tapi kalau ibu sedang sakit seperti sakit flu, sebaiknya jangan dulu memberikan kangaroo care ini.

3. Meningkatkan kedekatan ibu dan bayi

Ikatan dan kedekatan ibu dan anak bisa dibangun sejak awal. Salah satu caranya adalah dengan melakukan kangaroo care. Kontak dan sentuhan langsung dari kulit ke kulit dapat menciptakan ikatan tersendiri karena terbentuknya rasa nyaman. Bahkan pada ibu, efeknya bisa bantu meningkatkan produksi ASI dan mengurangi risiko terjadi postpartum depression.

4. Membantu menormalkan fungsi-fungsi tubuh bayi

Saat bayi lahir prematur, fungsi-fungsi tubuhnya belum bekerja dengan baik. Belum lagi dengan rentan mengalami hipotensi, respiratory stress syndrome, patent ductus arteriosus, dan bronchopulmonary dysplasia. Dengan memberikan kangaroo care pada bayi, fungsi-fungsi organ tubuhnya bisa bekerja lebih baik. Detak jantung dan pernapasannya juga bisa lebih normal dan stabil.

5. Membantu memperlancar pemberian ASI eksklusif

Sentuhan kulit langsung pada kangaroo care bisa bantu melepaskan hormon oksitosin. Hal ini kemudian bisa bantu memperlancar produksi ASI. Sentuhan langsung ini pun bisa membuat bayi ingin selalu menyusu. Bayi yang diberi kangaroo care juga umumnya bakal lebih berhasil mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan.

Selain bisa memberi kedekatan emosi, kangaroo care juga ternyata baik untuk perkembangan tubuh dan kesehatan bayi. Selama dilakukan dengan baik sesuai dengan arahan, maka kangaroo care jelas memberi banyak manfaat yang luar biasa.