5 Cara agar Bumil Tidak Kepanasan Selama Hamil

Febi Anindya Kirana18 Mar 2019, 13:30 WIB
Hamil

Fimela.com, Jakarta Ketika hamil, ibu hamil kemungkinan besar akan mengalami kenaikan suhu tubuh sehingga lebih sering mengalami kepanasan atau gerah setiap hari, bahkan di malam hari yang mungkin bagi kebanyakan orang dirasa sejuk.

Hal ini memang cukup umum dialami banyak ibu hamil, dan sebaiknya memang sudah bisa diantisipasi oleh ibu hamil. Banyak bumil jadi lebih sering stres dan bahkan mudah tersinggung karena merasa kepanasan. Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Minum banyak air putih

Minum banyak air putih akan menjaga suhu tubuh tetap dingin, juga mencegah dehidrasi. Selalu bawa bekal air putih ke mana-mana saat bepergian dan jika memungkinkan, minum air es untuk di kala cuaca sangat panas.

2. Makan buah-buahan dingin

Karena minum air putih saja kemungkinan akan membosankan, bisa diselingi dengan menambahkan nutrisi ke dalam tubuh selagi menghilangkan gerah. Buah-buahan bisa dipotong-potong dan dimasukkan kulkas, dimakan sebagai camilan saat sedang merasa gerah.

3. Memakai baju berbahan katun

Selalu pastikan memakai pakaian yang dingan, mudah menyerap keringan dan tidak terlalu tebal. Jika hanya berdiam diri di rumah, pakaian tipis tidak masalah asal nyaman. Jika pergi keluar rumah, pastikan pakaian cukup dingin dan sejuk dan bawa kipas ke mana-mana.

4. Kurangi kegiatan di bawah sinar matahari

Jika punya banyak kegiatan, jadwalkan kegaitan untuk menghindari terlalu sering terkena sinar matahari langsung. Berteduhlah jika hari sedang panas atau jadwalkan kegiatan di pagi hari ketika sinar matahari masih hangat dan sehat.

5. Berendam sehari sekali

Berendam jadi salah satu kenyamanan tersendiri yang bisa dilakukan untuk menghilangkan gerah sekaligus melepaskan stres. Daripada hanya berendam air di bathtub, ada baiknya ditambah dengan olahraga, misalnya berenang. Jadi selagi melepaskan gerah juga bisa menjaga berat badan dan melatih otot tubuh agar lebih kuat dan fleksibel.

Suhu tubuh ibu hamil memang akan meningkat karena pengaruh hormon. Jadi, jika kepanasan atau kegerahan, pastikan melakukan sekian hal di atas agar tetap sejuk selama hamil ya Moms.