Ingin Cepat Hamil, 5 Cara Utama Ini Perlu Dilakukan!

Febi Anindya Kirana18 Mar 2019, 17:15 WIB
hamil

Fimela.com, Jakarta Ingin segera hamil? Bukan hanya frekuensi bercinta yang harus ditingkatkan, tapi juga faktor-faktor lain seperti misalnya asupan nutrisi, kondisi kesehatan tubuh dan tingkat kesuburan reproduksi. Seringkali orang lupa bahwa inilah yang memegang peran penting berhasil tidaknya pembuahan sel telur oleh sperma.

1. Vitamin kehamilan

Prenatal vitamin atau vitamin kehamilan memang dibuat untuk memenuhi kebutuhan perempuan yang ingin hamil atau sedang hamil. Dengan terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan untuk hamil, tentu tubuh juga lebih subur dan mudah dibuahi sehingga mudah hamil. Vitamin kehamilan juga bisa membantu mengurangi masalah abnormal yang berhubungan dengan menstruasi sehingga tingkat kesehatan lebih baik.

2. Kenali kapan ovulasi

Penting sekali mencatat kapan siklus menstruasi sehingga bisa mengetahui kapan ovulasi terjadi. Ovulasi adalah penanda masa subur pada puncaknya sehingga memiliki kesempatan hamil lebih besar dibanding hari-hari lain. Pada saat ovulasi lah sel telur dilepaskan dan berenang di rahim dan siap dibuahi.

3. Stop konsumsi kafein dan alkohol

Kedua hal ini bisa menurunkan kesuburan reproduksi. Segala hal yang dikonsumsi sebaiknya diperhatikan. Seperti dikatakan Christine Masterson, dokter kandungan M.D., F.A.C.O.G., dalam Women's Health, bahwa terlalu banyak minum minuman mengandung kafein dan alkohol mampu menurunkan tingkat kesuburan dan jadi sulit hamil.

4. Berhenti merokok

Rokok juga jadi racun yang hanya akan mnghalangimu untuk bisa hamil. Jangan merasa heran jika sulit hamil selama dirimu sering merokok dan bahkan sering minum kopi, kombinasi yang buruk.

5. Kurangi berat badan

Jika punya tubuh gemuk, diet dan olahragalah yang cukup. Kelebihan berat badan bisa menjadi penghalang kesuburan. Lemak yang menumpuk bisa mengacaukan keseimbangan hormon yang sehat. Jadi olahragalah dan jaga pola makan, turunkan berat badan hingga berat badan ideal.

Selain lima hal di atas, perhatikan juga kebutuhan tidur dan tingkat stres. Tidur cukup dan perasaan bahagia akan membuatmu berpikiran lebih positif dan bahagia, yang mana akan membuat tubuh lebih sehat dan subur. Jadi, utamakan kesehatan sebagai hal yang perlu perhatikan jika ingin cepat hamil ya.