Mengenal Gestasional Diabetes selama Hamil dan Bahayanya!

Febi Anindya Kirana18 Mar 2019, 19:14 WIB
hamil

Fimela.com, Jakarta Kesehatan menjadi perhatian utama saat hamil, karena risikonya bukan hanya bisa mempengaruhi tubuh sendiri, tapi terutama pada bayi dalam kandungan.

Menurut Mayo Clinic, gestational diabetes adalah hal yang cukup umum terjadi pada banyak ibu hamil. Dua dari sepuluh perempuan hamil mengalaminya. Dalam kondisi ini, plasenta, yang menghubungkan bayi dengan suplai darah ibu, memproduksi berbagai hormon dalam kadar tinggi, dan hampir semuanya membutuhkan reaksi insulin ibu, yang mana akan meningkatkan gula darah sang ibu. Itulah mengapa diabetes gestasional sering terjadi.

Tak berhenti sampai di situ, hal ini akan berlangsung selama masa kehamilan. Seiring tumbuhnya bayi di dalam kandungan, plasenta akan terus memproduksi hormon yang membloking insulin.

Untuk kebanyakan ibu hamil, hal ini bukanlah hal yang mengganggu, karena pankreas masih dapat menyesuaikan diri dan memproduksi insulin yang dibutuhkan bayi. Namun untuk beberapa ibu hamil yang mengalami gestational diabetes, pankreas tidak mampu menghasilkan sekresi insulin yang cukup untuk menjaga pertumbuhan sehat bayi.

Oleh karena itu, gestational diabetes tak bisa diabaikan begitu saja ketika hal ini terjadi selama hamil. Rajinlah check up ke dokter kandungan untuk mengetahui kondisi kesehatan setiap waktu ya Moms.