Cara Mengatasi Gestasional Diabetes selama Hamil

Febi Anindya Kirana24 Mar 2019, 09:15 WIB
Hamil

Fimela.com, Jakarta Gestational diabetes cukup sering terjadi pada perempuan hamil. Kondisi kesehatan ini hanya bisa terjadi selama hamil karena tubuh ibu tak mampu memenuhi insulin yang dibutuhkan hormon untuk berkembang dan petumbuhan bayi. Akibatnya, kondisi ini bisa membahayakan kesehatan bayi dalam kandungan.

Kondisi gestational diabetes yang tidak diatasi dengan baik akan menyebabkan komplikasi pada bayi, seperti kelebihan berat badan, gula darah rendah, lahir prematur, hingga risiko mengalami diabetes tipe 2 saat tumbuh dewasa.

Namun apa yang bisa dilakukan jika gestational diabetes terjadi padamu saat hamil?

1. Mengelola pola makan/diet

Dokter kandungan mungkin akan menyarankan menemui ahli gizi untuk menyesuaikan pola makan atau diet yang tepat selama hamil agar bisa menekan gejala gestational diabetes, terutama menentukan porsi atau jumlah karbohidrat yang bisa dimakan untuk menjaga gula darah stabil.

2. Olahraga

Banyak dokter juga menyarankan untuk lebih sering olahraga agar karena cara ini bisa menurunkan gula darah di tubuh. Stimulasi gerakan tubuh akan membantu glukosa di dalam sel untuk diubah menjadi energi sehingga tidak ditumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan penumpukan gula.

3. Pengobatan insulin

Beberapa perempuan hamil harus mengonsumsi obat insulin. Selama ini bisa membantu mengatasi gestational diabetes dan tidak mengganggu atau membahayakan tumbuh kembang bayi, tak masalah.

Itu sekian hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi gestational diabetes. Namun selalu konsultasikan dengan dokter kandungan untuk solusi terbaik mengatasi gestational diabetes karena kondisi tubuh setiap orang bisa berbeda-beda.