Gula Tersembunyi dalam 5 Camilan Ini Buruk untuk Anak!

Febi Anindya Kirana19 Mar 2019, 14:45 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Anak perlu mengenal banyak makanan untuk melatih indra pengecap lidahnya dalam berbagai rasa. Namun Moms juga perlu mengawasi makanna apa saja yang bisa dirasakan dan jadi makanan harian anak, karena ternyata tidak semua makanan yang tampak baik memang benar-benar baik untuk anak.

Beberapa orangtua sering salah paham dan menganggap makanan tertentu baik untuk karena tampak 'sehat'. Namun jangan tertipu, karena beberapa makanan mengandung gula berlebih atau gula tersembunyi yang jarang disadari.

1. Cereal

Sebagai makanan yang sering jadi sarapan, jangan anggap sepele cereal. Karena kandungan gula dalam cereal sering diberi pemanis tambahan. Rasanya yang manis memang disesuaikan rasa kesukaan anak-anak, tapi justru inilah yang harus diwaspadai. Kurangi konsumsinya.

2. Jus buah

Jus buah kemasan mungkin tampak sehat karena diberi label "jus buah", namuan kandungan gulanya sangat tinggi dibanding jus buah asli. Meski memang diperkaya vitamin lainnya, namun akan lebih baik jika membatasi konsumsinya.

3. Susu rasa-rasa

Susu memang identik sebagai minuman anak, namun jangan asal membeli susu, apalagi yang rasa-rasa. Karena ternyata susu rasa-rasa cenderung lebih manis dan mengandung gula tinggi. Daripada membiasakan anak minum susu, biasakan anak minum air putih.

4. Yogurt rasa-rasa

Sama halnya dengan susu rasa-rasa, yogurt yang dikemas dengan berbagai rasa bisanya tidak sehat karena terlalu manis. Meski memang bakteri baiknya membantu menjaga pencernaan sehat, namun lebih baik memilih plain yogurt atau yogurt tanpa rasa-rasa.

5. Biskuit

Biskuit sebagai camilan memang sederhana dan mengenyangkan, namun jangan berlebihan porsinya karena biskuit mengandung tepung dan gula tinggi. Sesekali saja memberi anak biskuit bahkan jika diberi label 'less sugar'.

Itu dia sekian camilan atau makanan yang seringkali salah dikira orangtua sebagai makanan dan minuman sehat untuk anak, karena sebenarnya menyimpan gula terlalu tinggi.