Alasan Ikan jadi Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil

Febi Anindya Kirana19 Mar 2019, 17:49 WIB
ikan

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk tubuhnya dan terutama untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Sayur dan buha mungkin sudah jadi makanan wajib untuk dikonsumsi. Satu lagi makanan penting lain yang harus dikonsumsi bumil adalh ikan, terutama ikan laut.

Konsumsi ikan penting untuk ibu hamil, menyusui, dan bahkan anak kecil, menurut banyak penelitian. Laporan yang dicatat Food and Drug Administration (FDA) dan U.S. Environmental Protection Agency (EPA) menyebutkan bahwa mengonsumsi du hingga tiga porsi ikan per minggunya mampu memberi manfaat kesehatan perkembangan janin dan anak-anak kecil.

Ikan laut, terutama, memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan folat yang akan digunakan janin untuk membangun perkembangan otak yang sehat dan cerdas pada anak. Ini sekian manfaat jika ibu hamil rajin makan ikan.

  • perkembangan saraf otak yang sehat pada janin
  • memenuhi kebutuhan protein dan memudahkan pencernaan
  • memenuhi kebutuhan taurin, arginin, glutamin, vitamin A, vitamin D, iodin dan selenium
  • memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 untuk perkembangan sistem saraf pusat dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Ikan-ikan yang bisa dikonsumsi seperti ikan salmon, tiram, sarden, mujair, nila, makarel, tuna, kod, bandeng dan ikan kecil lainnya.