Makanan 'Berlabel Sehat' Jadi Pilihan Terbaik untuk Anak? Cuma Mitos!

Febi Anindya Kirana20 Mar 2019, 10:15 WIB
makanan anak

Fimela.com, Jakarta Anak-anak menyukai makanan dengn rasa yang kuat seperti manis dan asin. Namun membiasakan diri memilih makanan sehat akan membuat anak ikut mengadopsi kebiasana sehat tersebut, salah satunya adalah dengan memilih makanan yang tepat.

Namun jangan terjebak dengan label sehat yang sering ada pada kemasan makanan yang dijual di pasaran seperti 'organik', 'less-sugar', atau 'gluten free'. Produsen makanan ingin dirimu mempercayai bahwa ini adalah makanan sehat.

Ketika memilih makanan untuk anak, penting sekali melihat makanan dari komposisinya. Lihat seberapa banyak sodiumnya, pemanis buatannya, kandungan nutrisinya dan lain sebagainya. Ketika makanan bisa didapatkan dalam keadaan segar seperti sayur dan buah, maka tak perlu membeli makana kemasan dengan label-label di atas.

Misalnya saja sayur dan buah organik, lebih baik menanam sendiri atau tidak perlu memaksakan diri untuk membeli organik karena efeknya tidak berbeda. Begitu juga dengan less-sugar dan gluten free, cukup mengurangi konsumsi gula setiap hari di rumah dan memilih makanan-makanan tanpa gluten, jika anak memiliki alergi gluten. Kalaupun tidak alergi gluten, tak penting memilih makanan gluten free.

Daripada membayar mahal dan terjebak dengan makanan label sehat namun tak yakin benar-benar sehat, pilih cara aman dengan menyiapkan dan memasak sendiri makanan di rumah.