Fakta Membuktikan, Jus Buah Tidak Sehat untuk Anak!

Febi Anindya Kirana19 Mar 2019, 19:41 WIB
jus buah

Fimela.com, Jakarta Buah adalah makanan yang harus dikonsumsi anak-anak jika ingin nutrisi vitamin anak tercukupi. Namun orangtua harus tahu bahwa jus buah juga memiliki porsi yang baik untuk dikonsumsi anak, dan jenis jus buah seperti apa yang baik dikonsumsi anak.

Banyak orangtua percaya bahwa minum jus buah kemasan sama sehatnya dengan minum jus buah asli. Nyatanya, jika dilihat secara komposisi, jus buah kemasan memiliki lebih tinggi gula yang tak baik untuk anak. 

Terlalu banyak gula hanya akan membuat anak berisiko besar mengalami kelebihan berat badan, obesitas, bahkan mengalami diabetes tipe 2. Karena tingginya kalori dari minuman manis ini, sebaiknya konsumsinya dikurangi.

Beberapa orang berpendapat bahwa jus buah lebih kemasan memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi karena diperkaya banyak vitamin sebelum dijual, namun mempertimbangkan kandungan gulanya, ini tidak sebanding sehatnya.

Bahkan jus buah asli pun sebaiknya dikurangi konsumsinya, apalagi jika beli di luar, karena kemungkinan besar sudah ditambah gula dan kental manis.

Daripada minum jus buah, lebih baik makan buah dalam bentuk aslinya, karena memiliki lebih banyak serat yang untuk membantu melancarkan pencernaan. Ketika dijadikan jus, buah kehilangan serat yang penting dan justru sangat dibutuhkan tubuh.