4 Aturan Dasar Sarapan Sehat untuk Anak

Febi Anindya Kirana20 Mar 2019, 19:16 WIB
sarapan

Fimela.com, Jakarta Setiap anak membutuhkan sarapan setiap hari karena metabolismenya harus dijaga. Apalagi anak-anak mudah lapar dan mudah rewel jika lapar. Itulah mengapa, Moms harus menyediakan sarapan sehat setiap harinya.

Anak-anak butuh banyak nutrisi untuk dipenuhi setiap harinya, dan sarapan jadi waktu awal memenuhi kebutuhan tersebut. Namun nutrisi sehat seperti apa yang harus dipenuhi saar sarapan? Berikut tiga aturan dasarnya.

1. Karbohidrat kompleks

Gula adalah karbohidrat sederhana yang sebaiknya dikurangi saat sarapan. Bukan berarti anak-anak tak bisa makan manis di pagi hari, hanya saja jangan terlalu banyak. Sajikan buah-buahan sebagai makanan manis yang sehat saat sarapan.

2. Tinggi serat

Pastikan sarapan anak mengandung serat tinggi, seperti oats, sayuran, buah dan daging ayam tanpa lemak. Variasi berbagai makanan sehat di atas menjadi inti aturan sarapan anak. Serat bukan hanya berfungsi menjaga pencernaan sehat tapi juga gula darah yang stabil di pagi hari.

3. Porsi yang cukup

Porsi sarapan jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Hanya karena anak menyukai makanan sehat, bukan berarti bisa menyajikannya dalam porsi besar. Tetap kendalikan porsi yang baik dan cukup.

4. Protein

Diandingkan karbohidrat, protein adalah asupan nutrisi yang lebih penting untuk anak. Bukan hanya mampu menjadi bakan bakar yang lebih baik untuk energi anak, protein juga beguna membangun otot dan jaringan tubuh anak. 

Itu dia tiga aturan dasar yang harus dipegang setiap orangtua jika ingin menyajikan sarapan sehat dan baik untuk anak setiap harinya.