7 Minuman Sehat yang Bisa Dikonsumsi Anak

Febi Anindya Kirana21 Mar 2019, 14:23 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Tidak semua minuman baik dikonsumsi anak, beberapa di antaranya tak baik dan harus dihindari, seperti misalnya kopi dan teh hijau. Bahkan jus dan susu juga perlu dieprhatikan kandungannya agar cocok dengan kebutuhan anak. Ini sekian minuman sehat dan aman diminum anak.

1. Air putih

Air putih adalah kebutuhan cairan utama setiap manusia, tak terkecuali anak. Air putih tidak memiliki kalori dan tak memiliki rasa sehingga sangat baik menetralkan makanan. Fungsi air putih di dalam tubuh juga banyak, mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga suhu tubuh, menjaga fungsi organ, hingga menjaga berat badan.

2. Infused water

Dengan bahan dasar air putih, infused water dibuat dengan cara menambahkan potongan buah-buahan segar sebagai perasa. Minuman ini juga sehat untuk anak karena menambah vitamin dan mineral pada tubuh namun tetap memiliki rasa alami.

3. Air kelapa

Air kelapa adalah salah satu air paling sehat di dunia karena memiliki beberapa nutrisi yang tak dimiliki jenis minuman lain secara alami. Vitam C, magnesium, dan kalium bisa didapat dari air kelapa. Air kelapa bahkan memiliki sifat mengobati penyakit.

4. Jus buah asli

Jus buah asli tanpa gula adalah pilihan terbaik. Meski begitu, tidak semua buah bisa dijadikan jus buah yang dikonsumsi setiap hari karena kandungan serat yang rendah dan gulanya yang tinggi.

5. Susu tanpa gula

Susu dengan less-sugar atau susu tanpa gula bisa diminum anak karena kandungan nutrisinya yang tinggi, terutama protein dan kalsium.

6. Susu nabati

Tak bisa minum susu sapi? Anak bisa minum susu nabati dari kedelai atau kacang almond karena sama-sama kaya nutrisi.

7. Teh herbal

Beberapa teh memiliki kandungan kafein tinggi seperti teh hijau dan teh hitam. Namun anak-anak masih bisa minum beberapa jenis teh seperti teh chamomile, teh mint, teh rosella dan sebagainya.

Itu dia sekian minuman yang baik dikonsumsi anak. Jangan sembarangan memberi anak minuman karena rasanya yang enak ya, perhatikna juga sisi kesehatannya.