Ajak Anak Bermain di Luar, Mampu Membuatnya Bahagia, Menurut Penelitian

Febi Anindya Kirana21 Mar 2019, 15:28 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti ingin membesarkan anaknya sebagai anak yang bahagia. Hal ini tak lepas dari aktivitas yang dilakukan anak setiap hari. Anak-anak paling lekat dengan aktivitas bermain. Entah itu bermain sendiri atau bermain dengan saudara dan teman-temannya, ternyata kegiatan ini memiliki efek luar biasa dalam menentukan kebahagiaan anak.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa aroma alam, seperti bau tanah, udara segar, pohon, rerumputan dan bunga-bunga mampu meningkatkan mood anak menjadi lebih baik sehingga anak lebih bahagia. Sinar matahari yang hangat juga memberi ketenangan pada suasana hati anak.

Ditambah dengan adanya interaksi yang dilakukan anak dengan alam dan manusia di sekitarnya, baik itu anak-anak seusianya atau orang dewasa saat bermain, juga mampu menjaga kesehatan mental dan meningkatkan keterampilan sosialnya. Sebuah penelitian lain di tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Science and Medicine in Sport menemukan bahwa anak-anak yang meningkatkan waktu bermainnya di luar rumah (outdoor) ternyata dapat meningkatkan rasa empati anak, rasa keterikatan kuat dan bahkan sifat pengendalian diri.

Ketiga keterampilan sosial ini sangat dibutuhkan anak-anak hingga ia dewasa nanti. Anak-anak yang telah memiliki ketiga social skill ini akan lebih mampu beradaptasi, fleksibel dalam menghadapi berbagai situasi dan tahu bagaimana menempatkan diri.

Jadi, mulai sekarang jangan anggap sepele bermain di luar rumah ya, karena ternyata aktivitas fun ini mampu membuta anak-anak bahagia.