3 Cara Utama Membiasakan Anak Agar Tidak Ngompol

Febi Anindya Kirana22 Mar 2019, 14:36 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Anak-anak sejak lahir memang secara perlahan perlu melatih tubuhnya dengan berbagai pembiasaan, mulai dari makan, tidur hingga buang air besar dan buang air kecil. Anak-anak usia di bawah 5 tahun, biasanya akan mengalami masa-masa ngompol saat tidur karena kandung kemihnya masih lemah untuk bisa menahan atau mengeluarkan air seni. Bahkan beberapa anak di atas 5 tahun masih mengalaminya.

Oleh karena itu training buang air kecil diperlukan agar anak berhenti ngompol dan tahu kapan waktunya pipis. Ini yang bisa dilakukan orangtua dan anak untuk membiasakan diri mengendalikan kantung kemihnya.

1. Hindari minum terlalu banyak sebelum tidur

Ini adalah cara utama menghindari ngompol. Makan dan minum yang banyak paling tidak 1-2 jam terakhir sebelum tidur. Kalaupun anak masih minum susu sebelum tidur, pastika ia minum yang cukup, tidak terlalu banyak hingga membuatnya sangat kenyang dengan air.

2. Buang air kecil sebelum tidur

Biasakan anak pipis dulu sebelum tidur, segera setelah minum banyak air menjelang waktu tidur. Bahkan jika anak merasa tak ingin pipis, biasakan dia untuk selalu pipis sebelum tidur.

3. Membiasakan diri buang air kecil segera saat kebelet

Selama ia melakukan aktivitas seharian di rumah maupun di luar rumah, biasakan anak untuk memberi tahu lebih dulu jika ia kebelet pipis. Jika sedang dalam perjalanan, minta anak menahan sebentar hingga menemukan toilet atau sampai tujuan.

Melatih anak untuk pipis di waktu yang tepat akan membuatnya lebih cepat mengatasi ngompol sehingga ia juga tidak akan malu karena masih ngompol bahkan ketika sudah besar.