Efek Negatif Jika Orangtua Menuntut Anak selalu Juara Kelas di Sekolah

Febi Anindya Kirana22 Mar 2019, 16:21 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Menginginkan anak menjadi yang terbaik dalam hal akademik adalah harapan orangtua yang wajar. Meski begitu orangtua juga harus tahu batasan mengharapkan sesuatu dari anaknya, apalagi di bidang akademik. Karena tidak semua anak dilahirkan dengan kemampuan atau kecerdasan dalam bidang yang sama.

Bidang akademik mungkin jadi pertimbangan umum jika orangtua ingin anaknya sukses di masa depan. Namun memiliki harapan besar bahkan memberikan tekanan pada anak agar ia bisa juara kelas atau rangking satu di sekolah akan memberi efek negtif untuk anak.

Sebuah penelitian tahun 2016 dari Arizona State University yang dimuat dalam PubMed NCBI menemukan bahwa ketika orangtua terlalu menekan anaknya untuk selalu mendapatkan prestasi akademik di sekolah, justru akan membuat anak stres dan menghambat kesuksesan dan kebahagiaannya di masa depan.

Anak-anak yang melihat orangtua mereka lebih menekankan prestasi dibanding sikap baik kepada orang lain justru akan menjatuhkan nilai anak dalam akademik, mengalami masalah perilaku, depresi, kecemasan, krisis kepercayaan diri, tidak menghargai diri sendiri, dan benci kepada orangtuanya.

Berharap anak mendapat nilai baik di sekolah memang wajar, namun ketahui juga bahwa anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda dan kemungkinan bisa unggul di bidang berbeda-beda pula.

Jadi, daripada mengharapkan pretasi besar, hargai anak untuk mau mengembangkan dirinya di bidang apapun sesuai bakat dan minatnya ya Moms.