Ajak Anak Olahraga Bersama, Bisa Tingkatkan Kebahagiaannya!

Febi Anindya Kirana23 Mar 2019, 09:51 WIB
keluarga

Fimela.com, Jakarta Keluarga perlu memiliki quality time bersama agar lebih akrab dan memahami satu sama lain. Karena meski tinggal satu rumah, bukan berarti semua keluarga punya hubungan dekat, baik dan saling memahami. Itulah mengapa, mengajak anak melakukan aktivitas bersama orangtuanya adalah salah satu cara mengenalinya lebih baik.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan bersama adalah olahraga. Banyak orang mungkin tak tahu bahwa ternyata mengajak anak melakukan aktivitas bersama orangtua semacam olahraga ternyata mampu meningkatkan kebahagiaan anak. Anak akan memiliki kenangan kebersamaan keluarga yang berharga dan mampu membentuk karakternya sebagai individu.

Sebuah penelitian tahun 2018 yang dimuat dalam Journal of Happiness Studies menemukan bahwa keluarga yang olahraga bersama cenderung lebih bahagia dibanding keluarga yang tak pernah olahraga bersama Jenis olahraga yang dipilih bukan masalah besar, yang paling penting adalah waktu kebersamaan yang dihabiskan bersama.

Selain karena bisa menjadikan anggota keluarga dekat dan terikat secara positif satu sama lain, olahraga sendiri merupakan aktivitas yang mampu memicu pelepasan hormon kebahagiaan seperti endorfin dan serotonin, sehingga orang yang melakukannya akan merasa bebannya lebih ringan karena stres berkurang.

Jadi, jika ingin membesarkan anak yang bahagia, pastikan melakukan olahraga bersama dengan anak paling tidak seminggu sekali.