Awas, Kegemukan Bisa Bikin Haid Telat Datang

Ivana Okta22 Mar 2019, 17:39 WIB
[Fimela]  Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Setiap bulan perempuan pasti akan mengalami haid. Kadang siklus haid yang tak teratur cukup bikin pusing. Ini karena tubuh juga jadi gampang ngedrop. Sebenarnya ada cara agar haid tetap teratur dan tepat waktu. Salah satunya adalah menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat.

Tahukah Sahabat Fimela bahwa salah satu penyebab haid jadi tidak teratur itu bisa karena kegemukan. Jaringan lemak yang menumpuk di tubuh bisa menyebabkan perlepasan estrogen yang bisa mengakibatkan keluarnya darah haid yang berlebihan (heavy periods). Dinding rahim dapat terstimulasi oleh estrogen yang dapat mempengaruhi ovulasi.

Agar haid rutin dan tak bikin aktivitas terganggu karena tubuh yang ngedrop, pastikan untuk menjaga agar berat badan stabil. Berat badan yang stabil akan membuat kadar estrogen dan juga kolesterol juga stabil.

Menjaga pola hidup dan kebiasaan sehat jadi kunci utama agar haid bisa lancar setiap bulannya. Semoga infonya bermanfaat ya. Menjaga berat badan yang stabil ternyata tak membuat penampilan makin cantik saja, tapi juga memiliki manfaat yang nyata demi kesehatan tubuhmu.