Ini 3 Manfaat Tidur Siang untuk Anak, Jangan Abaikan!

Febi Anindya Kirana22 Mar 2019, 18:21 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Anak-anak memang membutuhkan waktu tidur atau istirahat lebih banyak dibanding orang dewasa. Anak mudah kehabisan tenaga dan lelah, sehingga ia butuh tidur siang untuk mengembalikan energi dalam dirinya.

Umumnya, anak-anak membutuhkan paling tidak 2 jam tidur siang setiap harinya. Tapi mengapa tidur siang penting untuk anak-anak?Karena anak-anak masih dalam mas apertumbuhan dan berkembang, sehingga tubuhnya membutuhkan waktu istirahat untuk menyesuaikan diri.

Tidur siang membantu anak mengembalikan energinya selama perubahan besar dalam tubuhnya, seperti dilansir dari WebMD. Ini manfaat lain tidur siang untuk anak.

1.Membuat anak belajar

Sebuah penelitian tentang anak preschool menemukan bahwa tidur siang membantu anak lebih baik dalam bermain game yang mengasah otak. Membuat anak lebih mudah menangkap infomasi di sekitarnya dan membuatnya mudah belajar.

2. Menjaga kesehtaan anak

Sebuah penelitian menemukan bahwa anak yang kurang tidur siang cenderung mengalami obesitas. Anak yang lelah namun tidak tridur siang akan mencoba mengalihkan rasa kantuknya dengan makan, inilah yang membuatnya terjebak kelebihan berat badan.

3. Mood lebih baik

Tentu saja, anak yang tidur cukup akan memiliki tubuh lebih fresh sehingga suasana hatinya baik. Jika anak kurang tidur, biasanya akan rewel dan bahkan bisa menyebabkan ia tantrum.

Jadi, jangan abaikan tidur siang untuk anak, karena mereka sangat membutuhkan waktu tidur ini untuk kesehatannya sendiri.