Menurut Penelitian, Ajarkan Disiplin pada Anak Justru Membuatnya Bahagia!

Febi Anindya Kirana23 Mar 2019, 15:43 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Disiplin dan pengendalian diri yang baika adalah sikap yang bisa jadi bekal anak saat ia dewasa. Hal ini bisa diajarkan dan dibiasakan pada anak sejak ia masih kecil. Hal-hal sederhana seperti merapikan kamarnya sendiri, tepat waktu makan dan tepat waktu berangkat sekolah.

Sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Personality menemukan bahwa orang-orang yang lebih baik dalam mengontrol diri memiliki mood yang lebih baik dan lebih tenang. 

Uniknya, penelitian juga menemukan bahwa orang-orang yang punya kendali diri yang baik dan disiplin terhadap diri sendiri juga tidak cenderung menghindarkan dirinya dari situasi-situasi bahaya dan berisiko menjatuhkan dirinya, sehingga ia bisa lebih menikmati hidup. Dengan kata lain, ia membuat dirinya sendiri bahagia.

Mengajarkan sikap kendali diri pada anak dimulai dari rumah, dan ini sebenarnya cukup sederhana. Hal-hal kecil seperti dibanding nonton tv, ada baiknya jika merapikan mainannya yang berantakan di kamar lebih dulu. Atau membantu mencuci piring daripada main gadget setelah makan.

Sikap disiplin diri dan tanggung ajwab serat kemandirian sangat berkaitan satu sama lain. Jadi, sebagai orangtua, kita bukan hanya mengajarkan satu karakter baik, namun beragam karakter baik lainnya yang mengikutinya.