5 Finger Food Ini Mudah Dicerna Bayi

Febi Anindya Kirana25 Mar 2019, 13:49 WIB
makanan

Fimela.com, Jakarta Bayi yang sudah memasuki usia 7-9 bulan tentunya sudah mengenal makanan padat pertamanya dan mampu menggapai banyak benda di sekitarnya. Biasanya bayi akan menggunakan mulutnya untuk mengenal benda tersebut. Secara otomatis, ia akan memasukkan benda-benda yang ia pegang untuk digigit. Inilah tanda anak sudah cukup usia diberikan finger food atau makanan yang bisa ia genggam untuk dimakan.

Di momen inilah, Moms bisa mengenalkan anak pada beberapa finger fodod yang sehat dan tinggi nutrisi. Bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan gizinya, tapi juga sekalian mengenalkan bayi pada banyak rasa makanan.

1. Pisang

Buah pisang cukup mudah digenggam dan dimakan bayi. Teksturnya yang lembut tidak akan memerlukan kunyahan sehingga mudah dicerna. Pisang juga memiliki rasa manis yang pasti disukai anak-anak dan jarang membuatnya tersedak.

2. Alpukat

Seperti pisang, alpukat juga memiliki daging buah lembut dan mudah halus sehingga mudah dimakan anak meski belum tumbuh gigi. Gizinya yang tinggi adalah faktor penting yang menjadikan alpukat sempurna sebagai finger food.

3. Tahu

Tahu rebus juga mudah dimakan bayi. Si kecil pasti juga suka meremas-remas tahu, dengan cara ini ia juga sekalian belajar mengenal tekstur makanan. Tanpa banyak rasa pun, anak-anak tetap menyukai tahu.

4. Mangga

Mangga menjadi salah satu finger favorit anak-anak karena rasanya yang manis dan cukup lembut. Meski memang sebaiknya jangan terlalu sering memberikan mangga karena seringkali terlalu manis.

5. Tomat

Tomat bisa menjadi salah satu cara mengenalkan makanan rasa asam pada si kecil. Teksturnya yang mudah hancur cukup aman untuk anak tidak tersedak, selain itu tomat juga kaya antioksidan dan berbagai vitamin dan mineral.

Itu sekian finger food yang bisa diberikan di awal bayi mengenal makanan padat yang ia bisa genggam. Pilih dengan bijak dan selalu awasi si kecil saat makan ya.