Ini 6 Gejala Sinusitus pada Anak yang Harus Diketahui!

Febi Anindya Kirana25 Mar 2019, 14:15 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Anak-anak lebih rentan terkena penyakit dibandingkan orang dewasa karena sistem imunnya masih cukup lemah. Salah satu penyakit yang terkadang menyerang anak-anak adalah sinusitis.

Orang sering salah menyangka anak yang terkena sinusitis sebagai flu biasa. Padahal sinusistis memiliki gejala berbeda dengan flu pada umumnya. Ini sekian gejala sinusitis pada anak.

1. Gejala demam: Anak kemungkinan mengalami peningkatan suhu tubuh. Demam ini berlangsung lebih dari 10 hari tanpa ada perkembangan.

2. Hidung berair: Ia juga mengalami ingusan, hidung tersumbat atau hidung berair dan terbatuk-batuk seperti gejala flu biasa namun tidak berangsur membaik.

3. Dahak kuning cenderung berwarna gelap: Batuh dengan dahak gelap ini diikuti dengan demam terus-menerus hingga 3-4 hari berturut-turut.

4. Pusing dan kepala berat: Anak akan merasa kepalanya berat, sangat pusing dan saat menunduk akan pening.

5. Lingkaran gelap di bawah mata: Mata anak akan membengkak karena kelelahan dan bahkan timbul kantung atau lingkaran gelap di bawah mata.

6. Bau mulut dan tenggorokan sakit: Ini kemungkinan efek gejala demam yang ia derita. Anak juga kemungkinan merasakan ngilu di gusi dan sakit di telinganya.

Dalam beberapa kasus yang lebih parah, bakteri sinusitis bisa menjalar ke area mata dan sistem saraf pusat. Gejala yang ditunjukkan berupa mata merah, bengkak, sensitif pada cahaya dan sering mual dan muntah.

Memang sulit membedakan pada awalnya apakah anak terkena flu biasa atau sinusitis, namun segera periksakan ke dokter jika anak sakit, bahkan jika itu hanya demam dan flu biasa, agar bisa ditangani lebih cepat dan tepat.