Pusing Berat Tiap Trimester Kehamilan, Ini Alasan Utamanya!

Febi Anindya Kirana25 Mar 2019, 16:19 WIB
hamil

Fimela.com, Jakarta Ketika hamil, perempuan mengalami banyak hal mengejutkan dan mungkin tak terduga. Beberapa perempuan mengalami kehamilan yang mudah, beberapa lainnya mengalaminya dengan berat, salah satu tantangannya adalah mengalami pusing hingga pingsan selama hamil.

Orang yang tidak pernah merasakannya mungkin mengira ini hanya melebih-lebihkan saja, tapi hal ini sungguhan terjadi. Beberapa ibu hamil merasakannya pening, pusing hingga pingsan di awal-awal kehamilan milai usia kehamilan 6 minggu di trimester pertama. Dalam beberapa kasus, ada bumil yang tetap merasakannya hingga trimester kedua dan bahkan ketiga.

Penyebab utama timbulnya rasa pusing (diikuti mual) ini tergantung trimester berapa sahabat Fimela mengalaminya.

Trimester Pertama

Pusing dan pening di trimester pertama umumnya disebabkan oleh perubahan hormon dan perubahan melebarkan dinding pembuluh darah adalah seperti dilansir dari Mom Junction. Hal ini menimbulkan adanya penurunan tekanan darah sehingga membuat pusing dan lemas. Tubuh juga sedang menyesuaikan diri menjaga makanan dan cairan tubuh.

Trimester Kedua dan Ketiga

Pusing yang terjadi di kedua trimester ini umumnya disebabkan adanya peningkatan volume darah hingga 30% karena janin sedang tumbuh dan menekan pembuluh darah. Tekanan darah meningkat sehingga menyebabkan pening dan pusing.

Alasan lainnya pusing hingga pingsan sata hamil adalah dehidrasi dan kepanasan, kurang cairan tubuh bisa menyebabkan tubuh lemas apalagi saat bumil sering merasa gerah. Turunnya kadar gula darah juga bisa menyebabkan bumil pusing, oleh karena itu perlu asupan karbohidrat cukup selama hamil.