5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Pusing selama Hamil!

Febi Anindya Kirana25 Mar 2019, 17:48 WIB
hamil

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil sering mengalami pusing sebagai gejala morning sickness selama masa awal kehamilan. Bukan hanya di trimester pertama saja bumil mengalaminya. beberapa ibu hamil juga mengalami di trimester kedua dan ketiga karena berbagai alasan. Namun yang lebih penting dari segalanya adalah cara mengatasi rasa pusing tersebut. Apa yang sebaiknya sahabat Fimela lakukan ketika mengalaminya? Cek daftarnya ya.

1. Bukan pintu dan jendela untuk memperluas sirkulasi udara. Ventilasi udara harus bagus agar udara sekitar lebih segar.

2. Cari tempat duduk di tempat teduh. Jika sedang berada di luar rumah, segera cari tempat duduk di tempat teduh. Duduk perlahan untuk menghindari pingsan atau agar tidak jatuh. Tidak masalah jika tak bisa menemukan tempat teduh, paling tidak segera duduklah.

3. Berbaring. Jika memungkinkan berbaring, segera berbaring. Berbaring ke sisi kiri akan membuat peredaran darah lebih lancar dan mengalirkan darah ke otak lebih baik.

4. Minum air. Kemungkinan pusing karena tubuh kekurangan cairan. Minum dan makanlah buah-buahan untuk menyegarkan diri dan mengembalikan kadar gula darah dan kekuatan tubuh.

5. Berendam atau mandi keramas air dingin. Jika sudah sering terjadi, bumil bisa merendam diri dengan air dingin, selain bisa menurunkan suhu tubuh, juga membuat diri segar.

Tentu saja pusing dan pingsan bukan hal yang ingin sahabat Fimela alami ketika hamil. Jadi akan lebih baik selalu berjaga-jaga dan tahu apa yang harus dilakukan sehingga tak perlu mengalami situasi yang lebih parah.