5 Alasan Ibu Hamil Butuh Asupan Zat Besi

Febi Anindya Kirana26 Mar 2019, 10:18 WIB
daging

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil membutuhkan banyak asupan nutrisi saat hamil, salah satunya adalah zat besi. Zat besi bisa didapat terutama dari makanan, seperti daging sapi, daging ayam, ikan, kalkun, dan babi. Namun apa pentingnya zat besi untuk ibu hamil?

Zat besi bukan hanya dibutuhkan pada saat sedang hamil, namun juga pada kondisi normal pada umumnya. Namuna supan zat besi perlu ditambah khususnya saat hamil, karena alasan berikut ini.

1. Membentuk hemoglobin, yaitu zat merah darah yang berfungsi mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Jika hemoglobin rendah, maka kemampuan menyalurkan oksigen dan nutrisi juga tidak optimal.

2. Membentuk sel-sel darah merah, terutama untuk ibu hamil sendiri. Sel-sel darah merah baru dibutuhkan untuk peredaran darah lebih baik.

3. Tumbuh kembang janin. Janin menyerap zat besi dari ibu untuk membentuk jaringan tubuh, sel darah merah, hemoglobin, dan banyak lagi lainnya.

4. Komponen penting membentuk mioglobin. Mioglobin adalah protein yang dibutuhkan untuk menyuplai oksigen ke otot, kolagen dan membantu membangun otot, kartilase, dan berbgaia jaringan tubuh.

5. Membantu produksi enzim-enzim penting yang menguatkan sistem imun dan kontraksi otot.

Itu dia sekian alasan zat besi dibutuhkan ibu hamil. Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia dan berbagai gangguan selama hamil. Jadi penuhi asupan zat besi yang cukup selama hamil ya Moms.