Berapa Banyak Kalsium yang Dibutuhkan saat Hamil?

Febi Anindya Kirana26 Mar 2019, 16:47 WIB
hamil

Fimela.com, Jakarta Kalsium terutama dibutuhkan untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Pada saat hamil, perempuan membutuhkan lebih banyak kalsium untuk dirinya sendiri dan janin dalam kandungan.

Kalsium dibutuhkan lebih banyak terutama di trimester ketiga, karena apda saat itulah tulang bayi secara berkala mulai terbentuk dan berkembang. Namun seberapa banyak kalsium yang dibutuhkan selama hamil?

Berdasarkan banyak sumber, salah satunya American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), asupan kalsium yang dianjurkan untuk ibu hamil usia 19 tahun ke atas adalah 1.000 mg kalsium per harinya. Jika hamil di usia 18 tahun atau lebih muda, paling tidak 1.300 mg per hari.

Meski begitu, dosis umum kalsium yang bisa dikonsumsi per harinya tidak boleh lebih dari 500 mg dalam sekali waktu karena tubuh hanya bisa menyerap kalsium sebanyak itu. Sahabat Fimela mungkin dianjurkan menambahkan sedikit demi sedikit sumber kalsium sepanjang hari.

Jadi, itu dia jumlah kalsium yang dibutuhkan ibu hamil setiap hari. Cukupi asupannya dengan banyak minum dan makan makanan yang menjadi sumber kalsium ya.