Berapa Banyak Zat Besi yang Dibutuhkan Ibu Hamil? Catat Angkanya!

Febi Anindya Kirana26 Mar 2019, 18:15 WIB
hamil

Fimela.com, Jakarta Zat besi dibutuhkan setiap orang setipa harinya untuk membentuk sel-sel darah merah dan hemoglobin agar bisa mengangkut dan menyalurkan oksigen dan nutrisi makanan ke seluruh tubuh. Kebutuhan zat besi semakin banyak ketika sahabat Fimela hamil.

Namun seberapa banyak zat besi yang dibutuhkan ibu hamil? Umumnya, kebutuhan zat besi juga akan meningkat terutama selama trimester kedua dan ketiga karena bayi bertumbuh dan kebutuhannya akan zat besi semakin banyak.

Ibu hamil membutuhkan 800 mg zat besi total selama hamil untuk dirinya sendiri. Sedangkan untuk kebutuhan janin dan plasenta, ibu membutuhkan 300 mg dan 500 mf tambahalan lain untuk pembentukan maternal hemoglobin, seperti dilansir dari Mom Junction. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, rekomendasi asupan zat besi harian ibu hamil adalah 30 mg per hari.

Tubuh akan menggunakan zat besi dalam jumlah besar selama trimester kedua kehamilan. Kebutuhan akan meningkat dari hanya 0,8 mg per hari selama trimester pertama, menjadi 6-7 mg memasuki trimester kedua dan ketiga.

Jadi, total jumlah keseluruhan zat besi yang dibutuhkan ibu hamil adalah 20 hingga 48 mg setiap hari. Meski jumlah ini juga tak akan diserap seluruhnya, sisanya akan dibuang melalui keringat, urin dan kotoran. Pastikan selalu mencukupi kebutuhan zat besi setiap hari ya Moms.