Ajari Anak Mandiri, Jadi Orang Tua Harus Tega

Syifa Ismalia28 Mar 2019, 15:24 WIB
Studi: Ibu Bekerja, Anak Lebih Pintar dan Mandiri

Fimela.com, Jakarta Namanya orangtua sudah biasa jika ingin selalu memberi yang anak butuhkan. Bahkan kadang karena terlalu sayang, orangtua sering memanjakan anak dengan mempersiapkan semua kebutuhan anak. Banyak orangtua yang lupa untuk mengajarkan kemandirian pada anak.

Alasannya klasik, belum tega karena masih anak-anak. Padahal, mendidik anak untuk menjadi mandiri perlu dilakukan sejak dini. Banyak anak yang dibiasakan hidup dengan kenyamanan dan tidak pernah merasa sulit dalam hidupnya cenderung menjadi manja dan tidak dapat mandiri.

[Fimela] Sophie Navita
(Deki Prayoga/Fimela.com)

Pemikiran ini sejalan dengan perasan Sophie Navita sebagai orangtua. Dia mengaku geram dengan anak pertamanya, Rangga Namora Putra Barata. Sebab, menurutnya buah hatinya ini tidak pernah menghargai uang yang ia telah dapati.

Bahkan karena sering kali susah diatur mengenai keuangan, Sophie Navita mengaku akan menyuruh anaknya untuk menjadi waiters, saat jadwal liburan telah tiba. Sebagai orangtua, Sophie harus tega.

"Nah itu kelemahan kita, dia (Rangga) kaya nggak butuh uang. Saya bingung, kayanya harus buat projek pas libur sekolah. Saya suruh temen yang punya restoran menjadikan dia waiters. Biar dia tahu bagaimana cara orangtua mencari uang itu nggak mudah. Nanti dia akan capek dengan penghasilan hanya segitu saja," jelas Sophie Navita saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2019).

 

Harus Tega

[Fimela] Pongki Barata dengan Sophie Navita
Pongki Barata dengan Sophie Navita. (Foto: instagram.com/pongki_barata)

Sebelumnya, perempuan 43 tahun itu sudah menjadikan anak tunggalnya itu untuk menjadi karyawannya. Namun sayang, caranya itu dinilai tidak ampuh, karena buah hatinya menjadi kurang inisiatif. Karena itu, Shopie harus tega melepas anaknya bekerja saat masa liburan.

"Kalau kerja sama saya, dia menjadi staff saya itu dia sudah sering, tapi sayangnya dia jadi nggak inisiatif dan tetap hanya bisa meminta uang saja dengan kedua orangtuanya. Makanya aku nyuruh yang tadi itu," tegas istri Pongki Barata itu.

Lanjutkan Membaca ↓