9 Skill Mengatasi Stres yang Bisa Dilakukan Anak-Anak

Febi Anindya Kirana29 Mar 2019, 10:07 WIB
anak

Fimela.com, Jakarta Setiap anak butuh keterampilan mengatasi stres sebagai bekal ia mampu menghadapi kejadian lebih berat dalam hidupnya nanti. Dalam hal ini, orangtua memegang peranan penting skill apa yang bisa diajarkan pada anak.

Mengapa hal ini penting diajarkan pada anak? Alasan utamanya tentu agar anak tidak menumpuk strees yang bisa memberi efek buruk pada kesehatan fisik dan mentalnya.

1. Belajar kesenian: Membuat karya seni bisa merupakan cara sederhana melepas stres. Hal ini bisa dilakukan bersama atau biarkan anak berkreasi sendiri. Hal ini akan mengemangkan cara berpikir kreatifnya dan menguatkan otak kanannya sehingga bisa mengimbangi diri saat menghadapi tantangan hidup.

2. Membaca: Membaca juga bisa jadi cara melepas stres. Seperti halnya membuat karya seni, membaca juga membantu mengembangkan otak kanan, terutama dalam hal imajinasi. Namun bukan itu saja yang penting, anak juga mengembangkan otak kiri dengan banyak pengetahuan.

3. Mendengarkan musik: Musik memang erat hubungannya dengan perasaan. Mengenalkan anak pada musik-musik yang baik akan membuatnya lebih bahagia, apalagi jika bisa diikuti dengan bernyanyi. Ini adalah cara efektif melepaskan perasaan dan stres.

4. Bermain: Main game sendiri, dengan teman, saudara atau orangtua, pastikan anak memiliki waktu bermian yang cukup untuk mengimbangi stres yang ia dapat dari belajar atau kegiatan yang tak begitu disukainya.

5. Yoga: Yoga bisa dilakukan siapa saja, bahkan anak-anak. Yoga terutama mengajarkan mengendalikan emosi, melepas stres dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

6. Nonton video lucu: Sederhana tapi efektif melepas stres. Ajak anak nonton video tentang binatang atau kartun favoritnya.

7. Atmosfer positif: Suasana positif terutama di rumah, sangat dibutuhkan setiap anak untuk mengembangkan karakter positif dan caranya menghadapi stres.

8. Olahraga: Olahraga membuat tubuh aktif sekaligus cara mudah melepaskan hormon kebahagiaan dan mengeluarkan stres. Tubu aktif dan sehat juga jadi kunci mental yang sehat.

9. Pujian: Pujian bisa jadi motivasi anak menjadi lebih baik, siap menghadapi tantangan dan menumbuhkan ras apercaya dirinya. Cara terbaik membangun karakter baik untuk masa depannya agar tak mudah terjatuh.

Karena anak pada akhirnya akan tumbuh dewasa dan menghadapi dunia dengan berbagai kebaikan dan keburukannya, ia perlu dipersiapkan bagaimana menghadapinya dengan baik sehingga tidak terjatuh pada hal-hal negatif yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain.