Pentingnya Mengajak Anak Bermain di Luar Rumah

Anto Karibo29 Mar 2019, 11:24 WIB
Anak Bermain di Luar Rumah

Fimela.com, Jakarta Kemajuan teknologi membuat anak-anak punya banyak pilihan bermain di dalam rumah. Berbagai permainan dan layanan streaming membuat anak-anak tenang meskipun ditinggal orangtua.

Tak heran jika anak-anak zaman sekarang tampaknya lebih sering untuk menghabiskan waktu bersama gadget-nya dibanding bermain di luar rumah. Padahal bermain di luar rumah memiliki manfaat penting untuk perkembangan anak.

Memang, bermain di luar rumah tak seaman ketika di dalam rumah. Banyak yang kuatir anak akan terpapar kuman dan bakteri ketika bermain di luar rumah. Belum lagi efek cuaca yang membuat suhu udara fluktuatif dan mempengaruhi daya tahan tubuh anak.

 

Anak Bermain di Luar Rumah
Anak Bermain di Luar Rumah (Foto: Playparq Bintaro)

Tapi anak-anak secara alami tertarik untuk bermain di luar. Bermain di luar rumah memiliki banyak manfaat untuk anak misalnya anak punya kesempatan mengeksplorasi lingkungan. Saat bermain anak dapat mengembangkan kekuatan dan koordinasi otot serta meningkatkan rasa percaya diri.

Dikutip dari doktersehat.com, saat anak-anak terkena langsung sinar matahari terjadi proses penyerapan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang anak. Bermain di luar rumah selama 10-15 menit sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D bagi pertumbuhan tulangnya.

 

Belajar Sosialisasi

Anak Bermain di Luar Rumah
Anak Bermain di Luar Rumah (Foto: Playparq Bintaro)

Selain itu mengajak anak bermain di luar rumah juga meningkatkan kemampuan sosial anak. Anak tidak hanya akan bertemu dengan teman sebayanya, namun juga dari berbagai usia. Saat bermain mereka akan belajar untuk antre atau bergantian bermain sesuatu.

Tak ada salahnya juga jika setiap akhir pekan mengajak anak bermain di taman bermain untuk membebaskan anak bermain di luar. Pilihan taman bermain saat ini sangat banyak, gratis maupun berbayar.

 

Taman Bermain

Taman Bermain
Spot foto (Foto: Playparq Bintaro)

Salah satu pilihan baru yang bisa dinikmati adalah Playparq Bintaro. Tempat wisata sekaligus taman bermain itu menghadirkan replika bangunan seperti Menara Eiffel, Colosseum, Arc de Triomphe, Kincir Belanda hingga Menara Pisa. Jadi anak-anak bisa melepaskan energi, orangtua juga bisa melepas penat secara bersamaan.

Berlokasi di Jalan Bintaro Taman Barat 1, Kav. 10 Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Playparq Bintaro memiliki tempat bermain anak, spot selfie bagi para remaja dan ada banyak fasilitas bagi para orang tua. “Ada dua jenis fasilitas untuk tiga generasi yang sengaja kita sediakan, Indoor dan outdoor. Fasilitas tersebut kita sediakan sesuai dengan usia anak-anak,” sebagaimana dikutip dari keterangan pers manajemen Playparq Bintaro, belum lama ini.

Untuk fasilitas outdoor pengunjung akan dimanjakan berbagai wahana seperti Pirates Ship Waterplay With Water Canon Zone, Flying Fox , Baby Flaying Fox , Mini Wall climbing, Castle Super Sliding, Bungee Trampoline, Spot Selfie Nuansa Eropa, Senam Gymnastic, Lapangan Futsal dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, untuk fasilitas indoor ada Ruang VIP untuk acara birthday party, workshop ,seminar, Shooting, playdate , fild trip dan area refleksi bagi orang tua yang ingin bersantai. Setelah puas berkeliling, bermain, dan selfie pengunjung juga dapat menikmati menu makanan dan beberapa varian ice cream yang tersedia di Restoran kami, dengan konsep Instagramable.

Lanjutkan Membaca ↓