Kapan Bayi Pertama Kali Bisa Makan Telur?

Febi Anindya Kirana29 Mar 2019, 14:42 WIB
telur

Fimela.com, Jakarta Sejak bayi pertama kali bisa mengenal makanan padat pertamanya, tentu orangtua harus jeli emmilih makanan apa saja yang bisa dikenalkan pertama kali pada anak. salah satu makanna sehat yang tentu tak ingin terlewat dikenalkan pada anak adalah telur.

Telur menjadi makanan super sehat untuk anak, dan bahkan tekstur dan rasanya akan sangat disukai anak. Sebenarnya tak ada halangan untuk langsung mengenalkan bayi pada telur sejak ia pertama bisa makan makanan padat pertamanya. Umumnya usia bayi 4 bulan hingga 6 bulan sudah bisa makan makanan padat.

Namun telur juga menjadi salah satu makanan yang bisa menimbulkan alergi, sehingga akan lebih baik jika tidak langsung memberikan anak telur sebagai makanan pertamanya, terutama jika keluarga memiliki riwayat alergi.

Umumnya, dulu banyak ahli menyarankan orangtua harus menunggu anak hingga usia dua tahun untuk bisa memberikan telur pertama kali. Namun tak ada bukti ilmiah atau medis yang mendukung pernyataan ini. Bahkan banyak yang memahami sebaliknya, yaitu semakin cepat anak dikenalkan pada makanan pemicu alergi, akan membentuk imunitasnya terhadap alergi makanan tersebut.

Jadi, jika memang tak ada riwayat alergi dan sebagainya, tidak masalah langsung mengenalkan anak pada telur saat bayi sudah berada di usia mengenal makanan padat, selama dimasak dengan matang sempurna ya Moms.