Berkebun Membuat Anak punya Gaya Hidup Sehat, Menurut Studi

Febi Anindya Kirana29 Mar 2019, 16:15 WIB
berkebun

Fimela.com, Jakarta Anak akan belajar banyak terutama dari lingkungan terdekatnya, yaitu rumah. Termasuk apakah anak akan belajar pola hidup sehat atau tidak. Dan memiliki kebun di rumah ternyata bisa memegang peran penting dalam membentuk karakter anak dalam hal ini.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central J Community Health tahun 2012 menemukan bahwa memiliki kebun dan belajar berkebun di rumah ternyata mampu meningkatkan kesehatan anak karena ia akan cenderung pilihan makanan sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Secara alami, anak akan terdorong untuk lebih suka makan makanan sehat karena ia terbiasa melihat tumbuhan, menanam dan memanen hasil kebunnya sendiri untuk dikonsumsi. Ini merupakan pembiasaan positf yang bisa diajarkan orangtua pada anak tanpa harus memaksanya untuk makan makanan sehat.

Penelitian yang melibatkan 38 keluarga selama masa berkebun dan menambah 4 keluarga lagi setelah masa berkebun ini mengambil kesimpulan bahwa program berkebun di rumah mampu meningkatkan asupan makanan sehat pada anak dan anggota keluarga lainnya.

Jadi, jika ingin anak suka makan buah dan sayuran tanpa memaksanya setiap kali waktunya makan, ada baiknya milikilah sepetak kebun di rumah dan ajarkan berkebun ya Moms.