Kapan Bayi Pertama Kali Boleh Makan Ikan?

Febi Anindya Kirana03 Apr 2019, 10:26 WIB
ikan

Fimela.com, Jakarta Ikan adalah salah satu makanan kaya nutrisi yang dibutuhkan anak, bahkan saat ia masih di dalam kandungan. Ketika masih di dalam perut ibu, bayi mendapatkan nutrisi ikan setelah diserap dahulu oleh ibu. Namun bagaimana jika anak sudah lahir? Kapan ia bisa makan ikan sendiri?

Beberapa orangtua mungkin khawatir adanya alergi yang dialami anak ik amakan ikan. Namun selama tak ada sejarah alergi yang dialami anggota keluarga, baik dari orangtua maupun kakak-kakaknya, maka tak masalah segera mengenalkan anak pada ikan sebagai makanan padat pertamanya saat bayi.

Penelitian yang dilakukan tahun 2008 menemukan bahwa menunda memberi makan anak hanya karena khawatir akan muncul efek alergi tak akan bisa mencegah alergi makanan itu sendiri pada anak. Penelitian menemukan, bayi usia 4-6 bulan yang sudah saatnya mengenal makanan padat sudah bisa makan ikan yang dimasak dengan baik dan matang sempurna.

Kalaupun ada kondisi tertentu yang dihadapi anak, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter anak jika khawatir. Namun selama anak dalam keadaan sehat dan tak ada halangan apa pun, tidak masalah mengenalkan anak pada ikan sejak ia usia di atas 4 bulan.