5 Alasan Utama Ibu Hamil Butuh Vitamin A

Febi Anindya Kirana30 Mar 2019, 14:32 WIB
vitamin

Fimela.com, Jakarta Ibu hamil membutuhkan banyak vitamin dan mineral, bukan hanya untuk dirinuya sendiri, tapi juga untuk janin di dalam kandungan. Bahkan seringkali ibu hamil perlu mengonsumsi suplemen atau prenatal vitamin untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ini.

Salah satu vitamin penting yang harus dipenuhi adalah vitamin A. Ini alasan pentingnya ibu hamil perlu vitamin A.

1. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Secara umum, vitamin A dimanfaatkan sebagai nutrisi menjaga kesehatan mata dan kulit sekaligus mencegah kerusakan sel-sel di bagian ini. 

2. Menjaga imunitas tubuh dan dari anemia

Vitamin A menjadi kebutuhan dalam pembentukan sel darah dan tentunya, bersama dengan vitamin lain, ikut menguatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

3. Menjaga kondisi homeostasis

Homeostasis adalah kondisi pertahanan tubuh atau mekanisme mengatur keseimbangan di dalam tubuh, dan hal ini dibutuhkan janin agar bisa tumbuh dan berkembang dengan nyaman.

4. Pembentukan dan pertumbuhan organ bayi

Vitamin A secara konstan dibutuhkan untuk membantu pembentukan dan pertumbuhan organ tubuh bayi.

5. Kesehatan penglihatan bayi

Ibu hamil yang kekurangan vitamin A akan meningkatkan risiko penglihatan buruk pada bayi yang akan dilahirkan, jadi vitamin sangat dibutuhkan untuk menjamin kesehatan mata anak.

Untungnya, vitamin A bisa didapat dari banyak makanan sehat seperti wortel, apel, tomat dan lainnya. Jadi, cukup mengonsumsi setiap hari agar tidak kekurangan vitamin A ya.