Sukses

Parenting

Apakah Sebaiknya Anak Tak Dibolehkan Pakai Gadget Sama Sekali?

Fimela.com, Jakarta Gawai jika digunakan dengan baik akan sangat memberikan kemudahan dan manfaat yang luar biasa untuk hidup manusia. Tapi ternyata gadget juga bisa menimbulkan hal yang negatif untuk tumbuh kembang anak-anak. Lalu, apakah sebaiknya anak tak dibolehkan pakai gadget sama sekali saat usianya masih belum mengerti?

Anak boleh saja menggunakan gadget, tapi orangtua wajib selalu mengawasi. Sebenarnya gadget akan sangat membantu orangtua karena bisa dipakai sebagai media pembelajaran.

Untuk anak usia 18 bulan ke bawah, sebaiknya tidak terlalu dikenalkan pada gadget. Untuk anak yang sudah mulai menginjak usia 2 tahun, orangtua boleh mengenalkan gadget dengan memberikan anak tayangan edukatif. Jangan biarkan ia menonton sendiri, usahakan orangtua selalu di sampingnya.

Untuk anak yang sudah mulai balita dari usia 2-5 tahun, perbolehkan menggunakan gadget maksimal satu jam per harinya. Orangtua juga wajib mendampingi anak dan menjelaskan apa yang ada di gadget tersebut.

Untuk anak usia 5 tahun ke atas, orangtua sudah tak harus selalu mendampingi anak. Tapi pastikan untuk membatasi jam atau waktu si kecil dalam menggunakan gawai agar tak sampai kecanduan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading