Tips Anti Stres Membagi Waktu Mengurus Rumah dan Anak

Ivana Okta08 Apr 2019, 10:54 WIB
Ibu dan Anak

Fimela.com, Jakarta Menjadi ibu memang bukan tugas yang mudah. Selain mengurus anak, ibu juga masih punya tugas untuk mengurus rumah. Nah, jika tak bisa mengatur waktu dengan baik, ibu pasti akan kuwalahan.

Agar Sahabat Fimela tak stres, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba agar bisa menjalani pekerjaan rumah dan mengasuh anak dengan seimbang. Intip tipsnya di sini yuk.

  • Yang pertama, ibu bisa mengerjakan pekerjaan rumah saat si kecil tidur siang. Pastikan si kecil ada di jangkauan ibu, jadi ibu juga bisa tetap mengawasi sambil mengerjakan pekerjaan rumah.
  • Coba bersihkan apapun sebisa mungkin. Misalnya sambil memasak, ibu bisa sambil mencuci piring atau mencuci pakaian di mesin cuci. Lakukan hal yang bisa dilakukan saat itu juga.
  • Meski demikian, jangan mengerjakan semuanya sekaligus. Agar tak kehabisan energi, beri jeda untuk istirahat sebentar.
  • Satu hal yang paling penting sebenarnya adalah jadwalkan apa saja yang harus dilakukan pada hari itu. Ini akan menjadi kebiasaan dan waktu pun akan lebih efisien. Semua hal pun bakal lebih tertata dan teratur.

Semoga tips ini bermanfaat ya Sahabat Fimela. Yang paling penting jangan terlalu memaksakan diri dan kerjakan hal sesuai dengan kemampuanmu. Jika memang dirasa kurang maksimal dan butuh bantuan, bicarakan dengan suami untuk berbagi tugas atau mungkin menyewa jasa asisten rumah tangga.