Susah Tahan Buang Air Kecil Setelah Melahirkan? Ini Cara Atasinya!

Ivana Okta08 Apr 2019, 12:20 WIB
toilet

Fimela.com, Jakarta Tubuh perempuan pasti akan mengalami perubahan setelah mengandung dan melahirkan. Nah, proses melahirkan dan kehamilan ternyata bisa meregangkan atau mencederai otot panggul, penopang rahim, anus, dan usus kecil. Cedera ini pun bisa mengakibatkan keluar sedikit air urin saat bersin, batuk, atau tertawa. Nah, lalu adakah yang bisa dilakukan untuk mengatasi inkontinensia urin ini?

Banyak Ibu Sering Beser Setelah Melahirkan

  • Satu hal terpenting yang sebaiknya dilakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat. Sebaiknya ibu mengurangi konsumsi kafein karena bisa mengakibatkan iritasi pada kandung kemih dan membuatnya kontraksi dengan sering. Makan dan minum yang sehat. Imbangi dengan olahraga teratur.

 

  • Menjaga berat badan juga bisa jadi solusi untuk mengatasi beser setelah melahirkan. Ini karena kelebihan berat badan bisa memberikan tekanan terus menerus pada otot panggul.
  • Ibu juga sebaiknya belajar untuk mengontrol rasa ingin pipis dengan menahannya selama beberapa saat. Tahan hingga beberapa menit agar celana dalam tak basah karena beberapa tetes urin yang keluar.
  • Ibu juga disarankan untuk mencoba senam kegel. Senam ini akan membantu meningkatkan kekuatan otot panggul dan otot yang ada di sekitar kandung kemih. Lakukan gerakan-gerakan senam kegel tiga kali sehari untuk mengatasi masalah beser ini.

Semoga bermanfaat ya Sahabat Fimela. Jika memang masalah ini super mengganggu, bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat solusi terbaiknya.

 

Lanjutkan Membaca ↓