Bolehkah Ibu yang Sedang Diare Tetap Menyusui Si Kecil?

Ivana Okta09 Apr 2019, 13:31 WIB
menyusui

Fimela.com, Jakarta Ibu menyusui akan berusaha untuk tidak sakit. Ibu takut jika ASI yang dihasilkan tidak maksimal saat sedang sakit. Karena itu ibu akan selalu berusaha untuk sehat sepanjang waktu.

Lalu, bagaimana jika ibu mengalami diare? Sebenarnya ibu tidak perlu panik karena penyakit seperti diare ini tidak dapat ditularkan kepada bayi melalui ASI. Kualitas ASI yang ibu memiliki tetap akan sama bagusnya seperti saat sedang sehat. Ibu tetap bisa memberikan ASI untuk si kecil.

2 of 2

Ibu menyusui tetap bisa memberikan ASI meski diare.

Nah, berikut adalah tips yang bisa dilakukan ibu saat sedang diare agar cepat sembuh:

  • Agar tidak dehidrasi, ibu wajib minum banyak air. Saat diare, ibu menyusui akan kehilangan banyak cairan dan nutrisi. Air juga akan mencegah ibu merasa lemas dan pusing karena diare. Konsumsi juga makanan yang banyak mengandung air seperti sup, buah, dan sayur.
  • Ibu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Makanan seperti yogurt akan membantu menggantikan bakteri baik yang hilang di saluran pencernaan akibat diare. Pilih yogurt yang rendah gula agar tak memperburuk diare.
  • Ibu juga disarankan untuk minum teh chamomile. Ini akan membantu meringankan kram dan peradangan akibat diare. Teh hangat juga akan membuat perut terasa lebih nyaman.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa dicoba saat ibu mengalami diare. Diare biasanya akan berlangsung selama 2-3 hari saja. Jika lebih dari itu dan ibu mengalami demam dan gejala sakit lainnya, lebih baik segera menuju ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Lanjutkan Membaca ↓